Peristiwa Nasional

Marsma dr. Mukti Arja Berlian Menjabat Direktur Kesehatan Kuathan Kemhan RI

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:45 | 15.77k
Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian saat penandatangan surat serah terima jabatan Direktur Kesehatan Kuathan Kementerian Pertahanan. (Foto: dok TI)
Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian saat penandatangan surat serah terima jabatan Direktur Kesehatan Kuathan Kementerian Pertahanan. (Foto: dok TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan (Kuathan) Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) menyelenggarakan acara serah terima jabatan Direktur Kesehatan (Dirkes) Kuathan, Selasa (7/5/2024). Acara ini menandai peralihan kepemimpinan dari Marsma TNI dr. Budi Satriyo SpKFR,Mars kepada Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian, SpPD.,SpKP., M.M., FINASIM.

Direktur Jenderal Kuathan Kemhan RI, Laksamana Muda TNI Dr. Bambang Irwanto, M.Tr (Han).,CHRMP dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan serah terima jabatan merupakan hal yang wajar dalam dinamika organisasi.

"Mutasi dan promosi jabatan menjadi bagian dari proses pembinaan karir personel," ucapnya.

Lebih lanjut, Laksamana Muda TNI Dr. Bambang Irwanto menekankan bahwa serah terima jabatan bukan hanya seremonial belaka. Pejabat yang baru dilantik harus memahami makna amanah dari jabatannya. Amanah ini harus dijalankan dan dipegang teguh dengan penuh loyalitas kepada pimpinan.

"Hal ini penting untuk mencapai tujuan organisasi dengan baik," ucapnya.

Peran Dirkes Kuathan dalam Pembangunan Sistem Pertahanan Negara

Dirkes Kuathan memiliki peran penting dalam mengelola pembangunan sistem pertahanan negara. Salah satu tugasnya adalah mendukung Jakumhaneg yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi.

Jakumhaneg menjadi acuan perencanaan, penyelenggaraan, dan pengawasan sistem pertahanan negara, termasuk di dalamnya kebijakan umum penggunaan kekuatan TNI.

Pembangunan kekuatan pertahanan negara dilakukan secara bottom-up dan top-down dengan cara yang dinamis dan fleksibel. Hal ini membutuhkan pemahaman yang komprehensif dari semua pihak yang terlibat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program.

Dinamika perubahan yang terjadi harus dipahami sebagai sebuah kebijakan yang adaptif dan dinamis. Tujuannya adalah untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan di tengah perubahan lingkungan strategis yang cepat.

Tugas dan Fungsi Dirkes Kuathan

Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Dirkes Kuathan bertanggung jawab atas perumusan dan pelaksanaan kebijakan dalam bentuk program, kegiatan, anggaran, dan prosedur di bidang SDM, Materiil (Alpalhankam), Fasjas, dan Kesehatan. Implementasi dari tugas-tugas ini memerlukan koordinasi, kolaborasi, dan sinergitas dengan stakeholder terkait, baik dari TNI maupun Kementerian/Lembaga lain.

Pergantian kepemimpinan di Dirkes Kuathan diharapkan dapat membawa semangat baru dan inovasi dalam pembangunan sistem pertahanan negara. Dengan kerjasama dan sinergitas dari semua pihak, diharapkan tujuan pertahanan negara dapat tercapai dengan optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES