Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Kementerian Agama Bagikan 10 Ribu Smart Card untuk Jemaah Haji Indonesia

Sabtu, 11 Mei 2024 - 17:00 | 18.62k
Ilustrasi jemaah haji Indonesia.
Ilustrasi jemaah haji Indonesia.
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Menyambut keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia akan membagikan 10.000 smart card kepada jemaah haji.

Hilman Latief, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, menjelaskan bahwa smart card ini akan dibagikan di sejumlah embarkasi di Tanah Air sebelum keberangkatan. "10.000 dibagikan di tanah air, di beberapa embarkasi yang terdekat," kata Hilman, Sabtu (12/5/2024).

Bagian sisanya dari 10.000 smart card tersebut akan dibagikan kepada jemaah haji setibanya di Arab Saudi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kemudahan penggunaan smart card selama mereka berada di Tanah Suci.

Pembagian smart card di Arab Saudi juga dilakukan untuk mengantisipasi kehilangan, terutama saat jemaah haji memasuki puncak ibadah haji di Mekkah. "Penggunanya untuk masuk masyair, di Arofah, Muzdalifah Mina itu harus ada kartu tersebut," jelas Hilman.

Smart card ini dilengkapi dengan QR Code yang akan langsung terdeteksi saat dipakai. Hal ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Arab Saudi untuk menjaga validitas data jemaah haji dari berbagai negara di dunia.

Dengan adanya smart card ini, diharapkan proses ibadah jemaah haji akan menjadi lebih lancar dan terorganisir selama berada di Tanah Suci.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES