Peristiwa Nasional

Kemenag RI Siapkan 1.378 Formasi CPNS 2024 untuk Ditempatkan di IKN

Kamis, 16 Mei 2024 - 12:42 | 15.53k
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) membuka peluang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berkarya di Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2024).

Sebanyak 1.378 formasi CPNS khusus IKN telah disiapkan untuk menjaring talenta-talenta terbaik guna mendukung pembangunan dan kemajuan ibu kota baru.

"Jumlah ini sudah sesuai dengan rumus yang diberikan oleh Kemenpan-RB, yaitu 10 persen dari jumlah rekruitmen tenaga teknis," ujar Sekretaris Jenderal Kemenag Ali Ramdhani dalam rapat di Kantor Pusat Kemenag RI, Rabu (15/5/2024).

Pembukaan formasi CPNS khusus IKN ini merupakan wujud komitmen Kemenag dalam mendukung kelancaran pemindahan ibu kota negara. Diharapkan, dengan adanya ASN yang kompeten dan berdedikasi di IKN, roda pemerintahan dan pelayanan publik dapat berjalan optimal.

Bagi para ASN yang tertarik untuk berkontribusi di IKN, rekrutmen CPNS 2024 ini menawarkan berbagai peluang karir yang menarik. Beragam posisi tersedia di berbagai unit kerja Kemenag di IKN, mulai dari bidang pendidikan agama, pengelolaan zakat, haji, hingga pemberantasan radikalisme.

"Ini adalah kesempatan emas bagi ASN untuk berkarya di ibu kota baru dan menjadi bagian dari sejarah pembangunan bangsa," ujar Wawan Djunaedi, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag.

Informasi lebih lanjut terkait persyaratan, mekanisme pendaftaran, dan jenis formasi CPNS 2024 khusus IKN akan segera diumumkan melalui website resmi Kemenag dan media sosial. Para calon pendaftar diimbau untuk terus memantau informasi terbaru dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Pemindahan kantor pusat Kemenag ke IKN dijadwalkan akan dilakukan secara bertahap. Gelombang pertama dan kedua direncanakan berlangsung pada 2024, sedangkan gelombang ketiga baru akan dimulai pada 2025-2026.

"Sebelum pemindahan kantor pusat Kemenag ke IKN, rencananya ada dua opsi, mereka bisa ditempatkan di satker pusat di Jakarta atau difungsikan ke daerah terdekat," ungkap Wawan.

Kemenag telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan kelancaran proses pemindahan, termasuk pembinaan dan persiapan ASN melalui 1.378 Formasi CPNS 2024 yang akan ditempatkan di IKN.

Diharapkan, dengan persiapan matang, pemindahan Kemenag RI ke IKN dapat berjalan dengan sukses dan mendukung terwujudnya IKN sebagai kota yang modern, cerdas, dan berkelanjutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES