Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Tiga Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia, Ibadah akan Dibadalkan

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:55 | 12.81k
Tim Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Tim Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAH – Operasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia telah berjalan selama lima hari, dengan lebih dari 26.000 jemaah haji Indonesia tiba di Madinah Al-Munawwarah. Namun, dalam perjalanan suci ini, tiga jemaah telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

Kementerian Agama menegaskan bahwa jemaah haji yang meninggal dunia akan dibadalhajikan dan mendapat asuransi.

Tim Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, menjelaskan bahwa asuransi telah diberikan sejak jemaah tiba di asrama, saat pemberangkatan, hingga kembali ke asrama pada saat pemulangan.

Dwinanda menegaskan bahwa ada dua jenis asuransi yang disediakan, yaitu asuransi jiwa dan kecelakaan. Jemaah yang wafat diberikan asuransi sebesar minimal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) per embarkasi. Sementara itu, jemaah yang meninggal karena kecelakaan akan menerima dua kali lipat Bipih per embarkasi.

"Pengurusan asuransi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Pihak perusahaan asuransi akan membayar klaim melalui transfer ke rekening jemaah," jelas Dwinanda, Kamis (16/5/2024).

Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, pada Rabu (15/05/2024), sebanyak 26.477 jemaah haji telah tiba melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, terbagi dalam 67 kelompok terbang.

Dwinanda juga mengungkapkan bahwa meskipun pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah Kloter Lima Embarkasi Makassar (UPG-05) sempat mengalami kerusakan mesin, mereka akhirnya diberangkatkan ke Madinah dari Bandara Sultan Hasanudin pada 15 Mei 2022.

"Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah UPG-05 sudah mendarat di Madinah pada pagi ini," tambahnya.

Namun, dalam kesedihan, terdapat satu jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah pada hari Rabu, 15 Mei 2024. "Sehingga jumlah jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah secara keseluruhan sebanyak 3 orang," ungkap Dwinanda.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES