Peristiwa Nasional

Elon Musk dan Presiden RI Jokowi akan Meresmikan Layanan Internet Satelit Starlink

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:02 | 18.78k
Elon Musk hadir di Indonesia untuk meresmikan jaringan internet satelit Starlink di Bali.
Elon Musk hadir di Indonesia untuk meresmikan jaringan internet satelit Starlink di Bali.

TIMESINDONESIA, JAKARTAElon Musk dan Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) dijadwalkan akan meresmikan layanan internet satelit Starlink di Bali, Minggu, 19 Mei 2024. Peluncuran ini bertujuan untuk memperluas akses internet di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur internet tradisional.

Starlink, yang dioperasikan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, telah memenuhi hampir semua persyaratan operasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, termasuk kepatuhan terhadap peraturan lokal dan pembayaran biaya frekuensi.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, kolaborasi antara Starlink dan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) diharapkan dapat meningkatkan layanan internet di berbagai wilayah Indonesia​.

Peluncuran ini diharapkan dapat membawa dampak signifikan terhadap peningkatan konektivitas internet di Indonesia, mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi kesenjangan digital, dan mendorong perkembangan ekonomi digital di berbagai daerah​. 

Starlink adalah sebuah proyek jaringan satelit yang sedang dijalankan oleh perusahaan Amerika Serikat, SpaceX. Starlink bertujuan untuk menghadirkan sebuah sistem komunikasi internet berbasis satelit yang memiliki performa tinggi serta dengan harga yang sangat terjangkau. (*)

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES