Peristiwa Nasional

Insentif Ustadz di Kalteng Cair, Rp405 Juta Dibagikan Kemenag RI

Senin, 03 Juni 2024 - 13:07 | 16.29k
Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam H. Elly Saputra (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan tunjangan insentif guru pendidikan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam, beberapa waktu lalu. (FOTO: Kemenag Kalteng)
Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam H. Elly Saputra (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan tunjangan insentif guru pendidikan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam, beberapa waktu lalu. (FOTO: Kemenag Kalteng)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi para ustadz di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bantuan insentif Kemenag RI bagi ustadz pendidikan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam di Kalteng telah cair. Totalnya mencapai Rp405.000.000 yang dibagikan kepada 162 ustadz/ustadzah.

Kakanwil Kemenag Kalteng, H. Noor Fahmi, menjelaskan bahwa masing-masing ustadz menerima Rp2.500.000 yang ditransfer langsung ke rekening mereka. Bantuan ini berasal dari anggaran Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam.

"Bantuan telah dibayarkan melalui rekening masing-masing ustadz yang berasal dari DIPA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024 yang dikelola oleh Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam," ujar H. Noor Fahmi, Senin (3/6/2024).

Ia menambahkan bahwa bantuan insentif ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah melalui Kementerian Agama kepada ustadz/ustadzah yang selama ini telah berdedikasi dalam memberikan pendidikan pesantren, madrasah diniyah takmiliyah, lembaga pendidikan Al-Qur'an, pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah, dan pendidikan diniyah formal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam, H. Elly Saputra, mengungkapkan bahwa penerima tunjangan insentif telah mengkonfirmasi bahwa dana tunjangan telah masuk ke rekening mereka. Dia bersyukur karena penyaluran insentif tahun ini berjalan relatif lancar.

Noor-Fahmi.jpgKakanwil Kemenag Kalimantan Tengah, H. Noor Fahmi. (FOTO: Kemenag Kalteng) 

Penerima insentif terdiri dari 13 ustadz madrasah diniyah, 21 ustadz pendidikan pesantren, 84 ustadz lembaga pendidikan Al-Qur'an, 32 ustadz pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah, dan 12 ustadz pendidikan diniyah formal.

Menurutnya, bantuan tunjangan insentif ini untuk satu tahun, di mana pengajuan dan pengusulannya dilakukan secara daring melalui laman sikap.kemenag.go.id.

"Tahapannya diawali pengajuan oleh ustadz/ustadzah, kemudian verifikasi di kabupaten/kota dan di Kanwil Kemenag provinsi, selanjutnya penerbitan SK dan pengajuan pembayaran. Alhamdulillah saat ini telah masuk ke rekening masing-masing," papar H Elly Saputra.

Kemenag RI berharap, penyaluran insentif ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ustadz/ustadzah di Kalimantan Tengah dan memotivasi mereka untuk terus berdedikasi dalam memberikan pendidikan agama kepada masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES