Peristiwa Nasional

Penetapan Idul Adha 1445 H, PBNU: Tunggu Hasil Rukyatul Hilal

Jumat, 07 Juni 2024 - 17:06 | 20.96k
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, saat memberikan keterangan terkait penetapan awal bulan Dzulhijjah. (Foto: dok TI)
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, saat memberikan keterangan terkait penetapan awal bulan Dzulhijjah. (Foto: dok TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertanyaan besar umat Islam di Indonesia saat ini adalah: Kapan Hari Raya Idul Adha 1445 H akan dirayakan? Jawabannya masih abu-abu, menunggu hasil rukyatul hilal yang akan dilakukan pada sore hari ini, Jumat (7/6/2024).

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, penentuan waktu Idul Adha 1445 H berpedoman pada rukyatul hilal, yaitu proses melihat keberadaan hilal (bulan baru) di awal bulan.

"Nah, makanya nanti pada tanggal 7 Juni 2024, tim dari Lembaga Falakiyyah PBNU ini akan bekerja dengan menempatkan petugas-petugas di berbagai titik di seluruh Indonesia untuk melihat hilal," jelas Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, kemarin (6/6/2024).

Jika hilal terlihat pada sore hari ini, maka 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu (8/6/2024) dan Idul Adha akan dirayakan pada Senin (17/6/2024). Sebaliknya, jika hilal tidak terlihat, maka bulan Dzulqa'dah akan disempurnakan (istikmal) dan kemungkinan 1 Dzulhijjah jatuh pada Ahad (9/6/2024).

Data hilal yang dihimpun Lembaga Falakiyah PBNU menunjukkan posisi hilal yang tinggi, sehingga besar kemungkinan hilal terlihat pada sore hari ini. "Menurut hisab posisi hilal sudah tinggi, sehingga ada harapan tinggi besok hilal terlihat," kata Gus Yahya.

Namun, Gus Yahya mengimbau masyarakat untuk bersabar dan menunggu hasil rukyatul hilal. "Kita tidak bisa memastikan sampai kita memastikan adanya hilal pada besok sore," pungkasnya.

Umat Islam di seluruh Indonesia menanti dengan penuh harap momen istimewa Idul Adha. Perayaan yang identik dengan kurban ini menjadi salah satu pilar penting dalam agama Islam. Di momen ini, umat Islam diajarkan tentang keikhlasan, kepedulian, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Persiapan demi persiapan pun telah dilakukan, mulai dari membeli hewan kurban, menyiapkan hidangan khas Idul Adha, hingga merencanakan silaturahmi ke keluarga dan kerabat. Semangat berbagi dan kebersamaan menyelimuti seluruh penjuru negeri.

Meskipun penentuan tanggal Idul Adha 1445 H masih menunggu hasil rukyatul hilal, umat Islam tidak perlu risau. Mari kita jadikan momen ini sebagai pengingat untuk selalu bersabar dan mengikuti syariat Islam dengan penuh ketaatan. 

Mari kita manfaatkan waktu yang tersisa untuk memperbanyak amal ibadah, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, dan menyambut Idul Adha dengan penuh suka cita dan keikhlasan.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES