Peristiwa Nasional Pilkada 2024

Tantangan Pilkada sangat Beragam, Bawaslu RI Minta Panwascam Tingkatkan Kualitas Kerja

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:28 | 9.58k
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan arahan kepada Panwascam se-kota Cirebon, Sabtu (6/7/2024). (foto: Bawaslu RI)
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan arahan kepada Panwascam se-kota Cirebon, Sabtu (6/7/2024). (foto: Bawaslu RI)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, CIREBON – Anggota Bawaslu RI (Badan Pengawas Pemilu), Herwyn JH Malonda, mengimbau agar Panwascam meningkatkan kinerja mereka dari sebelumnya. Ia menekankan bahwa pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada 2024) memiliki tantangan unik dibandingkan dengan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden yang lalu.

"Saya berharap Panwascam dapat meningkatkan kualitas dan kinerja mereka. Pengawasan Pilkada memiliki tantangan khusus, misalnya politik lokal yang berbeda-beda di setiap daerah," ungkapnya saat memberikan arahan kepada Panwascam se-kota Cirebon, Sabtu (6/7/2024).

Herwyn juga berharap bahwa Panwascam tidak hanya memahami peraturan, tetapi juga mampu menerapkannya sesuai dengan kondisi aktual dan kearifan lokal di lapangan. Selain itu, ia menekankan bahwa pengawas ad-hoc memegang peranan strategis karena mereka berhadapan langsung dengan permasalahan faktual di lapangan.

Ia juga menambahkan bahwa melakukan pengawasan pemilihan adalah tugas yang tidak mudah, karena pengawas harus terlibat dalam seluruh tahapan, baik sebelum, saat, maupun setelah tahapan tersebut berlangsung.

"Sebelum tahapan dimulai, pengawas harus bisa mengidentifikasi potensi masalah dan strategi pencegahannya. Saat tahapan berlangsung, mereka harus memastikan bahwa tahapan tersebut sesuai dengan regulasi dan kearifan lokal terkait etika moral dan lainnya," jelasnya.

"Setelah tahapan selesai, pengawas perlu menentukan tindakan yang harus diambil jika ditemukan adanya permasalahan," tambahnya.

Herwyn juga mengingatkan Panwascam untuk bekerja dengan kesungguhan dan tanggung jawab yang tinggi. Ia menekankan bahwa Panwascam harus bekerja secara efektif dan efisien, serta mampu menentukan prioritas dalam pekerjaannya.

"Saya berharap bapak dan ibu dapat bekerja seperti mawar, yang tidak mengklaim harum dan wangi, tetapi secara alami menyebarkan keharumannya ke masyarakat melalui kerja-kerja pengawasan yang baik," pesannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES