Politik

Puan Maharani Segera Bertemu Airlangga Hartarto, Pengamat Sebut Keduanya Negarawan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 20:21 | 23.50k
Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani - (FOTO: dok DPR RI)
Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani - (FOTO: dok DPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik Emrus Sihombing menilai rencana pertemuan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan akan bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai ajang silaturahmi dua negarawan. 

Apalagi, baik Airlangga Hartarto maupun Puan Maharani merupakan sosok elit dengan karakter politik yang mengutamakan keberagaman, pluralitas, inklusivitas, dan persatuan. 

"Rencana pertemuan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto suatu pertemuan negarawan yang memang sama-sama punya garis politik tentang keberagaman, tentang inklusivitas," kata Emrus, Rabu (31/8/2022).

Komunikolog itu juga menganggap keduanya senafas dalam hal menghidupi semangat keindonesiaan dan kenusantaraan. 

"Jadi artinya bahwa dua sosok ini sangat homogen dari sudut ke-Indonesiaan dan kenusantaraan kita," ujarnya.

Emrus mengungkapkan pertemuan Puan Maharani dengan Airlangga Hartarto akan semakin produktif jika menghasilkan kesepakatan politik. 

"Saya berpendapat bahwa pertemuan itu bisa lebih produktif, apabila memang ada semacam kesepakatan di panggung belakang ketika mereka bertemu," tambahnya.

Kesepakatan itu bisa berupa pencanangan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), sekaligus kesepakatan untuk berupaya merangkul seluruh kekuatan politik.

"Mudah-mudahan pertemuan mereka ada semacam kesepakatan memasangkan Puan Maharani menjadi calon presiden dan Airlangga menjadi calon wakil presiden Pilpres 2024," kata Emrus.

Dengan catatan, tambah dia, keduanya tetap merangkul semua kekuatan politik dalam kerja sama politik. Nantinya, Puan juga bisa memainkan sebagai pemimpin dengan karakter keibuan yang mampu merangkul dan menyamankan seluruh kekuatan politik. 

Airlangga Hartarto sendiri dinilai Emrut mempunyai kemampuan sebagai nakhoda bidang ekonomi. Hal itu terbukti dengan keberhasilannya dalam penanganan covid-19 sekaligus menjaga kondisi ekonomi Indonesia.

Terpisah, Direktur Indonesian Political Opinion, Deddy Kurniansyah pada Rabu (31/8) menyatakan Kunci perubahan peta koalisi, termasuk juga keterusungan tokoh akan bergantung pada PDIP.

“Sehingga koalisi sekarang yang terbentuk tidak akan menemui di titik jenuhnya, artinya mereka tidak akan terkonfirmasi koalisi kalau PDIP belum mengambil keputusan-keputusan elit,“ katanya.

Saat ini, manuver PDIP sebagai pemenang Pemilu sangat ditunggu untuk menentukan bentuk koalisi-koalisi kedepan. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, PPP dan PAN sendiri disebut masih berupa semi komitmen. 

Keberadaan koalisi koalisi yang ada tergantung pada manuver PDIP. Namun posisi Partai Golkar dalam koalisi, maupun Airlangga sebagai Ketua Umum sangat positive. 

"Ada orientasi kedua, lobi politik para elit. Dengan kiprah dia sebagai Menko, keberhasilan menjaga ekonomi, ini akan mungkin dipahami oleh elite. Sehingga meski elektabilitas masih rendah, namun ada potensi diusung oleh mitra," pungkasnya. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES