Politik

Pengamat ARCI: Menakar Peluang Arzeti Bilbina di Dapil Jatim 1

Kamis, 13 Oktober 2022 - 08:33 | 25.55k
Pengamat ARCI: Menakar Peluang Arzeti Bilbina di Dapil Jatim 1
Arzeti Bilbina saat kegiatan menyapa masyarakat (foto: dok Arzeti Bilbina)

TIMESINDONESIA, SIDOARJOPengamat Politik dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siraj melihat peluang beberapa Calon Legislatif (caleg) incumbent di Pemilu 2024. Salah satunya yakni Arzeti Bilbina Legislator dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa).

Menurut Baihaki, saat ARCI melakukan rilis hasil running survei terakhirnya pada akhir bulan September 2022 kemarin, elektabilitas Arzeti Bilbina masih terbilang rendah yang notabene incumbent di Dapil Jatim 1 daerah pemilihan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

"Hasil survei ARCI, elektabilitas Arzeti Bilbina terbilang rendah," kata Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Siraj saat dihubungi TIMES Indonesia, Rabu (12/10/2022).

Baihaki melihat jika fenomena ini tentunya sangat berbahaya bagi incumbent, dan juga buat PKB. Karena bukan tidak mungkin PKB juga bisa kehilangan 1 kursinya di Dapil Jatim 1. 

Arzeti-Bilbina-2.jpg

"PKB sebagai partai penguasa di Sidoarjo harus bisa mempertahankan 2 kursinya di Dapil 1 Jatim ini, kalau bisa ya nambah," ungkap Baihaki.

Baihaki menambahkan jika Arzeti Bilbina yang saat ini duduk di kursi Komisi IX DPR RI, ingin maju lagi di pileg 2024 mendatang, mulai sekarang harus 'gebyar', yang artinya mulai menyapa masyarakat Surabaya dan Sidoarjo kembali.

"Dapil Jatim 1 untuk daerah pemilihan Surabaya-Sidoarjo ini merupakan dapil neraka. Banyak caleg-caleg potensial yang akan maju dari dapil ini. Tentunya selain incumbent banyak juga new comer yang patut diperhitungkan di dapil 1 Jatim ini. Untuk itu saya mengingatkan pada beberapa incumbent untuk waspada. Kalau tidak mau kehilangan kursinya di Senayan," sarannya.

Menurut Baihaki, modal Arzeti Bilbina yang sudah dua kali duduk di senayan, serta modal dirinya yang dikenal sebagai Artis atau publik figur belum seratus persen menjadi modal utama untuk lolos kembali di Pileg 2024 mendatang, jika dirinya belum turun kebawah atau menyapa masyarakat di Dapilnya (Dapil Jatim 1 red).

"Jika kerja kerja di bawah atau menyentuh masyarakat langsung tidak dilakukan Arzeti Bilbina, bisa jadi kursi PKB di Dapil Jatim 1 berkurang," paparnya.

"Impian PKB untuk menambah kursi di Dapil Jatim 1 bisa saja tinggal angan-angan, jika salah satu caleg incumbent-nya berdasarkan hasil survei kami (ARCI) hasilnya jeblok. Oleh karena itu, incumbent harus mulai memanasi mesin jelang tahun 2024 mendatang," sambungnya.

Nama Arzeti Bilbina Sempat Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Sebagai publik figur nama Arzeti Bilbina memang familier di masyarakat, bahkan nama Arzeti Bilbina mencuat di bursa pemilihan Wali Kota Surabaya di tahun 2020 kemarin.

Pengamat-ARCI.jpgPengamat Politik dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siraj (foto dok Baihaki Siraj)

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat itu duduk sebagai Anggota DPRI Komisi X santer bakalan maju di Pilwali Kota Surabaya.

Rekam Jejak Arzeti Bilbina

Arzeti Bilbina memiliki nama lengkap Arzeti Bilbina Huzaimi. Ia lahir di Lampung, 4 September 1974.

Arzeti mengawali kariernya sebagai peragawati, model, bintang film, sinetron, presenter.

Ditahun 2014 Arzeti Bilbina mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk pemilihan Dapil Jawa Timur 1.

Ia menjadi anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa untuk periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari daerah pemilihan Dapil Jatim 1 meliputi Surabaya-Sidoarjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES