Politik

Annisa Pohan Lantik Arumi Bachsin Jadi Ketua Srikandi Demokrat Jatim

Rabu, 16 November 2022 - 11:11 | 15.11k
Annisa Pohan Lantik Arumi Bachsin Jadi Ketua Srikandi Demokrat Jatim
Annisa Pohan saat melantik Arumi Bachsin sebagai Ketua Srikandi Partai Demokrat Jatim, Rabu (16/11/2022). (FOTO: Dok. Demokrat Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Annisa Pohan Yudhoyono, Ketua Umum Srikandi Partai Demokrat yang juga Isteri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melantik isteri Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak, Arumi Bachsin sebagai Ketua Srikandi Partai Demokrat Jatim

Pelantikan Arumi Bachsin dilakukan usai pelantikan serentak 38 pengurus DPC Partai Demokrat se-Jatim di Kota Batu. 

Selain melantik Arumi Bachsin, Annisa Pohan juga melantik secara serentak 38 ketua Srikandi Partai Demokrat. Mereka adalah isteri-isteri Ketua DPC Partai Demokrat se-Jatim. 

Annisa-Pohan-saat-melantik-Arumi-Bachsin-2.jpgKetua Srikandi Partai Demokrat Jatim Arumi Bachsin memberikan sambutan usai pelantikan, Rabu (16/11/2022). (FOTO: Dok.Demokrat Jatim) 

Dalam sambutannya, Annisa Pohan yakin di bawah kepemimpinan Arumi Bachsin, Srikandi Partai Demokrat Di Jatim dapat lebih maju sebagai wadah solidaritas keluarga besar perempuan Partai Demokrat. 

"Yang pasti juga mendukung kemenangan Partai Demokrat di Pemilu 2024," jelasnya, Rabu (16/11/2022). 

Annisa Pohan membocorkan hasil survei internal Partai Demokrat yang menyebut Partai Demokrat dan Ketua Umum AHY dipilih oleh 60 persen pemilih perempuan. 

"Berbekal data tersebut, saya berharap para Srikandi Demokrat Jatim lebih aktif lagi mendekati pemilih perempuan untuk meningkatnya elektabilitas Partai Demokrat," jelasnya. 

Selain itu, juga aktif mengawal isu-isu perempuan serta pembangunan ekonomi kreatif di tengah kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu saat ini. 

"Silakan berkreasi dengan kegiatan apapun untuk menyuarakan perubahan dan perbaikan," terangnya. 

Wadah Gerakan Perempuan Progresif 

Misi Partai Demokrat untuk memajukan dan memberdayakan perempuan harus sepenuhnya didukung para perempuan di dalam partai itu sendiri. Karena itulah kehadiran Solidaritas Kaum Perempuan Demokrat Indonesia (Srikandi) memiliki peran strategis saat ini. 

Srikandi sendiri diresmikan keberadaannya oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat pada September 2022.

“Srikandi adalah wadah bagi seluruh perempuan yang terafiliasi atau menjadi bagian dari struktur keluarga besar Partai Demokrat untuk saling berkolaborasi dalam mewujudkan cita-cita perjuangan Partai Demokrat,” kata Annisa Pohan. 

Istri Ketua Umum Partai Demokrat AHY Annisa menganalogikan Srikandi sebagai payung atau rumah yang menaungi semua perempuan Demokrat. Lembaga ini diharapkan dapat mengintegrasikan seluruh kegiatan perempuan Demokrat dan tercipta kerja sama yang baik.

Visi Srikandi, menurut Annisa, menjadi pelopor gerakan perempuan progresif dan inklusif dengan menyatukan seluruh kekuatan perempuan Demokrat dalam rangka mendukung Partai mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

‘Adapun misi Srikandi adalah mendukung Partai Demokrat dalam melindungi, memberdayakan, dan memperjuangkan hak kaum perempuan Indonesia.

Kemudian mengayomi seluruh perempuan Demokrat dari berbagai elemen organisasi dalam semangat kekeluargaan. 

"Kita juga saling melengkapi dan menguatkan, meningkatkan kapasitas SDM perempuan Demokrat melalui pendidikan politik dan pelatihan keterampilan yang relevan juga membangun komunikasi dan kerja sama dengan berbagai kalangan dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi di bidang sosial dan kemanusiaan,’’ urai Annisa.

Ia pun menyoroti proporsi DPR RI 2019-2024 yang minim partisipasi dari keterwakilan perempuan, hanya 21,39 persen di mana jumlah tersebut belum memenuhi jumlah minimal yang diharapkan, yakni sebesar 30 persen.

“Tentu (partisipasi perempuan dalam politik) untuk menjaga keseimbangan dan mengakomodasi kepentingan perempuan itu sendiri yang selama ini seolah dianggap terpinggirkan dalam urusan politik,” pungkasnya.

Annisa mendorong perempuan Indonesia untuk berada dalam posisi strategis, baik itu eksekutif dan legislatif, supaya dapat memperjuangkan hak-hak dan perlindungan perempuan dalam kebijakan dan undang-undang.

Sementara itu, Arumi Bachsin mengaku siap untuk menjalankan amanah sebagai Ketua Srikandi Demokrat Jatim.

"Kami di Jatim siap bersinergi dan berkolaborasi untuk kemenangan Partai Demokrat di Pemilu 2024," kata Arumi Bachsin usai dilantik sebagai Ketua Srikandi Partai Demokrat Jatim.(*) 

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES