Politik Bursa Capres 2024

Pilpres 2024, Survei ARCI : Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar di Jawa Timur

Rabu, 30 November 2022 - 13:42 | 33.28k
Paparan hasil survei ARCI terkait elektabilitas Capres 2024, Rabu (30/11/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Paparan hasil survei ARCI terkait elektabilitas Capres 2024, Rabu (30/11/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bursa Capres 2024

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei di Jawa Timur terkait figur yang berpotensi maju calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. 

Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden tertinggi di Jawa Timur. Prabowo mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

"Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur sebagai capres tertinggi mengungguli Ganjar Pranowo," kata Baihaki Siraijt, Direktur ARCI di Surabaya, Rabu (30/11/2022). 

Baihaki mengatakan, Prabowo unggul di Jawa Timur salah satunya karena rekam jejaknya sudah dikenal warga. Keunggulan Prabowo atas Ganjar di Jawa Timur karena Ganjar belum jelas mendapat tiket. 

"Sejauh ini Ganjar belum jelas, sehingga pemilihnya gamang. Dan tren Prabowo sebenarnya stagnan meski ada kenaikan sedikit pasca dirinya deklarasi Agustus lalu," jelasnya. 

Selain itu, elektabilitas Prabowo masih tinggi di Jatim karena geliat Gerindra di Jawa Timur cukup masif dalam mengkampanyekan Prabowo Subianto di daerah-daerah. 

Lebih lanjut, Baihaki menyebut, di peringkat ke-3 ada nama Anies Baswedan. Ada tren kenaikan untuk elektabilitas Anies pasca Mantan Gubernur DKI Jakarta itu deklarasi. 

ARCI-b.jpg

"Angkanya Anies masih tertinggal dari Prabowo dan Ganjar. Karena memang belum kampanye masif di Jatim," tambahnya. 

Survei ARCI dilakukan pada 10 November-20 November 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,8%.

Berikut elektabilitas Capres di Jawa Timur berdasarkan survei ARCI:

1. Prabowo Subianto 21,9%

2. Ganjar Pranowo 20,1%

3. Anies Baswedan 16,7%

4. Muhaimin Iskandar 9,5%

5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,4%

6. Airlangga Hartarto 4,8%

7. Erick Tohir 4,2%

8. La Nyalla Matalitti 3,7%

9. Ridwan Kamil 3,1%

10. Sandiaga Uno 2,4%

11. Puan Maharani 2,1%

12. Moeldoko 0,9%

Tidak menjawab/tidak tahu: 3,2%

Diketahui, Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei di Jawa Timur terkait figur yang berpotensi maju calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. 

Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden tertinggi di Jawa Timur. Prabowo mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada top of mind calon presiden diungguli oleh Ganjar Pranowo 10,3, Prabowo Subianto 9,6, dan Anies Baswedan 8,7.

Sementara untuk calon wakil presiden diungguli oleh Khofifah IP 17,5, Abdul Muhaimin Iskandar 14,03, dan Agus Harimurti 11,7.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden diungguli oleh Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa, 35,4, Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa 34,4, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 30, Prabowo Subianto-Puan Maharani 27,6, Anies Baswedan-Agus Harimurti 26,8.

Diketahui, pemilihan umum legislatif maupun presiden dan wakil presiden masih kurang lebih sekitar 14 bulan lagi tepatnya 14 februari 2024.

Sedangkan pemilihan kepala daerah baik gubernur maupun bupati dan wali kota dilaksanakan akhir 2024 untuk itu perlu diukur tingkat elektabilitas dan popularitas baik partai politik maupun tokoh yang berpotensi maju sebagai kandidat calon presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta DPD RI maupun yang berpotensi maju di Pilkada. 

ARCI juga merilis tren dukungan masyarakat terhadap calon presiden dan wakil presiden di 2024, tren dukungan masyarakat terhadap partai politik beserta calon anggota DPR RI, tren dukungan masyarakat terhadap tokoh yang berpotensi maju sebagai calong gubernur dan wakil gubernur maupun bupati/ wali kota dan wakilnya serta tren dukungan masyarakat terhadap tokoh yang berpotensi maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Jawa Timur untuk RI. 

Populasi survei ini adalah seluruh warga Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun ataue lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel survei ARCI menggunakan metode Multistage Random sampling ukuran sampel 1200. Respondent dan memiliki toleransi kesalahan (Margin of error –MOE 2,8%).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES