Politik Info Pemilu 2024

Masuk Jadwal Kampanye, KPU Lumajang Petakan Lokasi Kampanye Pemilu 2024

Jumat, 19 Januari 2024 - 18:55 | 26.88k
Tentukan lokasi kampanye di Lumajang, KPU undang seluruh perwakilan partai. (Foto: Efendi For TIMES Indonesia)
Tentukan lokasi kampanye di Lumajang, KPU undang seluruh perwakilan partai. (Foto: Efendi For TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, LUMAJANGKPU Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menggelar rapat untuk menentukan lokasi kampanye umum dalam Pemilu 2024 sesuai dengan aturan yang diubah dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2023 menjadi PKPU Nomor 20 Tahun 2023.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas) KPU Kabupaten Lumajang, Hasyim Asyari menjelaskan, periode kampanye akbar atau rapat umum Pemilu 2024 akan berlangsung dari 21 Januari hingga 10 Februari 2024.

Menurut Asyari, lokasi kampanye dapat berada di tempat terbuka seperti lapangan, stadion, atau alun-alun, dengan memperhatikan kapasitas tempatnya.

"Rapat umum dimulai pukul 09.00 dan berakhir paling lambat pukul 18.00 waktu setempat, dengan menghormati hari dan waktu ibadah di daerah setempat," kata Asyari usai memimpin rapat hari Kamis (18/01/2024).

Selain itu, petugas kampanye rapat umum pemilu juga harus memberikan pemberitahuan tertulis ke polisi, dan salinannya diberikan kepada KPU dan Bawaslu sesuai dengan aturannya.

Rapat umum kampanye pemilu akan dibagi menjadi tiga zona: zona A, B, dan C, dengan alokasi proporsional untuk setiap pasangan calon berdasarkan jumlah provinsi di Indonesia. Jawa Timur termasuk dalam zona C.

"Karena kita berada di zona c, kita menggunakan pola 3-1-2, hari pertama pada 21 Januari paslon 3 beserta partai pendukungnya, hari kedua paslon 1, hari ketiga paslon 2, begitu seterusnya." kata Asyari.

Oleh karena itu, semua pihak diharapkan bekerja sama untuk menjaga suasana yang kondusif selama pelaksanaan pesta demokrasi ini.

Dalam rapat di Aula Kantor KPU Lumajang, masing-masing partai politik dan beberapa instansi terkait, termasuk kepolisian, hadir untuk memberikan masukan agar penentuan lokasi kampanye tidak mengalami kendala di kemudian hari.

Jadwal akan diumumkan pada tanggal 20 Januari 2024 dan setelah disinkronkan dengan KPU Provinsi Jawa Timur, agenda tersebut akan diteruskan kepada polres dan Bawaslu. 

"Salinan jadwal itu kita tembusan kepala polres dan juga kepala Bawaslu setelah disinkronkan dengan KPU provinsi", tutur Asyari.

Sementara itu, Koordinator divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Lumajang, Radheteryan Firdiansyah menyampaikan, ada tugas pengawasan yang akan dilakukan oleh Bawaslu dalam kampanye terbuka nanti.

"Ada tiga pengawasan yang dilakukan Bawaslu, yakni pengawasan kampanye pantarlih DPT dan pengawsan melekat terkait logistik yang masuk tahap pelipatan kertas suara," kata Firdiansyah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES