Politik

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Capai 60,1%

Selasa, 06 Februari 2024 - 21:35 | 14.31k
Kampanye terbuka Prabowo-Gibran oleh TKD Jatim di Surabaya. (Foto: TKD Jatim)
Kampanye terbuka Prabowo-Gibran oleh TKD Jatim di Surabaya. (Foto: TKD Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – dir="ltr">Survei terbaru lembaga survei Poltracking mengungkapkan keunggulan duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur. Hasil survei, yang diumumkan pada hari Selasa (6/2/2024) oleh Hanta Yuda, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, mengungkapkan bahwa tiket Prabowo-Gibran telah mengumpulkan tingkat preferensi pemilih Jatim mencapai 60,1%.

Lanskap elektoral di Jawa Timur menunjukkan preferensi berikut: Prabowo-Gibran di 60,1%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengikuti dengan 17,2%, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengamankan 14,9% dukungan elektoral.

Boedi Prijo Suprajitno, kepala Tim Kemenangan Daerah (TKD) Jawa Timur, menyatakan rasa terima kasih yang besar terhadap upaya kolektif pemangku kepentingan yang terlibat dalam meningkatkan kampanye Prabowo-Gibran. Dari angka yang mengesankan 46% pada Desember menjadi 60,1% yang menakjubkan, Boedi menyoroti pentingnya pencapaian ini dan menekankan kebutuhan akan pengawasan dan dukungan yang berkelanjutan hingga hari pilpres pada 14 Februari 2024.

Boedi mengaitkan lonjakan dukungan ini dengan efek 'Khofifah Effect', mengacu pada dampak dukungan Khofifah Indar Parawansa, yang secara signifikan mengalihkan basis pendukungnya ke tiket Prabowo-Gibran. Pergeseran ini diperkuat lebih lanjut oleh gelombang migrasi dukungan dari relawan kandidat lain. Yakni, deklarasi dari anggota partai non-afiliasi, dan sejumlah pemimpin lokal di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Pondok pesantren legendaris di Jawa Timur, dengan puluhan ribu santri dan alumninya, juga menunjukkan pergeseran dukungan yang nyata ke arah duet Prabowo-Gibran. Pergeseran ini menunjukkan penerimaan dan dukungan yang luas terhadap pencalonan mereka, menguatkan sentimen bahwa kemenangan sudah di depan mata.

Boedi juga mengajak mereka yang masih belum memutuskan atau mempertimbangkan pergeseran dukungan mereka untuk bergabung. "Mari turut berkontribusi untuk mewujudkan visi Indonesia maju," ajaknya.

Dalam pernyataan terpisah, Khofifah, juga tokoh penting dalam kampanye Prabowo-Gibran, mengajak pemuda Indonesia untuk menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilihan Presiden 2024. Dia menekankan pentingnya partisipasi mereka dalam membentuk masa depan bangsa untuk lima tahun ke depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Rudy Mulya
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES