Politik

Calon Legislator Probolinggo: Santri Aktivis Siap Melayani, Siapakah Dia?

Rabu, 07 Februari 2024 - 10:55 | 51.58k
Ahmad Fais saat orasi dalam kampanye AMIN dan menyampaikan visi dan misinya beberapa waktu lalu. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)
Ahmad Fais saat orasi dalam kampanye AMIN dan menyampaikan visi dan misinya beberapa waktu lalu. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kontestasi politik menuju Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo semakin memanas menjelang pemilihan tanggal 14 Pebruari 2024. Banyak Calon Legislatif (Caleg) dari berbagai profesi turut serta, termasuk dari kalangan Santri dan Aktivis.

Salah satu Caleg yang menarik perhatian adalah Ahmad Fais, M.Si, yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Kabupaten Probolinggo, meliputi Kecamatan Tongas, Sumberasih, dan Lumbang, dengan nomor urut Satu.

Ahmad Fais merupakan Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 1.

Pengalaman panjangnya di dunia keorganisasian Nahdlatul Ulama (NU) menjadikannya sosok yang dikenal luas.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Probolinggo, serta aktif sebagai aktivis IPNU dan Ansor.

Pilihan Ahmad Fais untuk menjadi aktivis NU tidak lepas dari jiwa santrinya yang tumbuh di lingkungan keluarga yang kental dengan nilai-nilai NU.

Selain itu, Fais juga aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui NGO (Non Government Organization) dan berbagi riset politik serta kemasyarakatan bersama NGO dari dalam dan luar negeri.

Ahmad-Fais-Kampanye.jpgPara simpatisan memadati kampanye AMIN dengan membawa poster bergambar Ahmad Fais. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

Setelah menuntaskan studinya di Fakultas Dakwah IAI Nurul Jadid (kini UNUJA) Paiton Probolinggo, Fais berhasil menyelesaikan studi Pascasarjana di Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2023.

Meskipun pernah menjadi dosen di STIA Bayuangga Probolinggo, Fais tidak pernah meninggalkan aktivitas pemberdayaan masyarakatnya.

Ia terlibat langsung dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat sebagai konsultan di berbagai program pemerintah, baik dari pusat maupun dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kiprahnya dalam dunia politik dimulai sejak tahun 2014 saat menjadi Tenaga Ahli dari Anggota DPR RI H. Abdul Malik Haramain (Fraksi PKB hingga 2020).

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DKN Garda Bangsa dari tahun 2015 hingga 2021.

Saat ini, Fais masih aktif dalam mendampingi masyarakat desa dan para pegiat desa.

Tepat pada hari Jumat, 22 Desember 2023 yang lalu, ia menyatakan niatnya untuk ikut serta dalam kontestasi sebagai Caleg DPRD Kabupaten Probolinggo di Dapil 6 dengan nomor urut Satu lewat PKB.

"Ya, saya ikut nyaleg DPRD Kabupaten Probolinggo di Dapil 6 (Tongas, Sumberasih, Lumbang) No. 1 lewat PKB,” ujar Fais, Rabu (7/2/2024).

Fais menegaskan, ia akan terus mengabdi dan melayani rakyat sebaik mungkin dengan ikhtiyar hashtag #SantriAktivisMelayani di setiap brandingnya.

Pria berkacamata itu berharap, niat tulusnya untuk melayani rakyat dapat restu dan dukungan dari masyarakat di Dapil 6, sehingga peluang untuk mewujudkan cita-citanya semakin luas.

"Mohon doa dan dukungannya, semoga cita-cita melayani rakyat Kabupaten Probolinggo terkabul," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Redaksi
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES