Politik Pilkada 2024

Rukmini Buchori Ikut Penjaringan, DPC PKB Kota Probolinggo Tetap Usung Habib Hadi Zainal Abidin

Kamis, 09 Mei 2024 - 19:43 | 66.55k
Siti dan Salamulhuda mewakili mantan Wali Kota Probolinggo H Rukmini Buchori mengambil formulir penjaringan PKB Kota Probolinggo. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia).
Siti dan Salamulhuda mewakili mantan Wali Kota Probolinggo H Rukmini Buchori mengambil formulir penjaringan PKB Kota Probolinggo. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia).
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Mantan Wali Kota Probolinggo, H. Rukmini Buchori, telah mengambil formulir dalam penjaringan yang digelar DPC PKB Kota Probolinggo pada Kamis (9/5/2024) setelah sebelumnya mengambil formulir ke kantor DPC PPP Kota Probolinggo.

Meskipun belum diketahui apakah Rukmini mengambil formulir tersebut sebagai calon Wali Kota atau calon Wakil Wali Kota, namun DPC PKB dengan tegas menyatakan akan mengusung kader terbaiknya, yakni Habib Hadi Zainal Abidin, sebagai calon Wali Kota.

Diketahui, H. Rukmini Buchori telah mengikuti empat penjaringan partai politik, yaitu di DPD NasDem, DPC PDI Perjuangan, DPC PPP, dan yang terakhir di DPC PKB.

Saat ditanya tentang keikutsertaannya dalam penjaringan di beberapa partai politik, Rukmini membenarkan jika ia telah mendaftar dan ikut dalam penjaringan yang dilakukan oleh sejumlah partai politik. Tentunya, dengan harapan yang terbaik bagi dirinya.

“Bukan partai politik yang mencari, tetapi saya yang mencari. Harapannya yang terbaik bagi saya, sebab ini kan masih mencari. Dan tentunya saya sangat optimis,” kata Rukmini saat ditemui di kantor DPC PPP usai pengambilan formulir.

Ditanya mengapa tidak langsung berpasangan dengan anaknya, Ina Buchori, yang juga ikut penjaringan di DPD NasDem sebagai Calon Wakil Wali Kota Probolinggo, Rukmini enggan menjawabnya.

Setelah meninggalkan kantor DPC PPP, rombongan bergerak ke DPC PKB untuk mengikuti penjaringan yang juga dibuka oleh PKB. Namun, saat itu H Rukmini tidak ikut, tetapi diwakilkan ke Siti Zuroidah Amperawati.

Rombongan tiba di Kantor DPC PKB Kota Probolinggo pada Kamis (09/05/2024) sekitar pukul 12.30.

Dalam pengambilan formulir penjaringan tersebut, ditemui langsung oleh Ketua DPC PKB Kota Probolinggo Abdul Mujib dan Sekretarisnya Eko Purwanto, sementara perwakilan H. Rukmini Buchori mengambil dua formulir, yaitu untuk Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota.

“Politik ini cair, saya tidak bisa banyak berkomentar, saya hanya ditugaskan ibu saja. Untuk pengambilannya, kami mengambil dua sekaligus (Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota),” terang Siti usai penyerahan formulir dari DPC PKB Kota Probolinggo.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Probolinggo Abdul Mujib menegaskan, sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti apa yang akan didaftarkan oleh mantan Wali Kota H. Rukmini Buchori dalam penjaringan yang digelar DPC PKB.

“Kita belum menemukan maksud yang konkret, apakah di calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota. Sebab tadi mengambil dua formulir,” kata Mujib.

Yang jelas, DPC PKB telah mendeklarasikan mantan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, yang merupakan kader terbaiknya, untuk kembali maju dalam Pilkada 2024 sebagai Calon Wali Kota Probolinggo.

“Tentunya ini menjadi suatu pertimbangan apabila yang bersangkutan mau mengisi form di bakal calon wali kota,” tegas Mujib.

Menurutnya, politik itu dinamis, sehingga bisa berubah, yang terpenting tidak mengedepankan ego. “Yang jelas jika dilihat popularitas dan elektabilitasnya, maka kader kami Habib Hadi Zainal Abidin memiliki peringkat puncak,” tutup Mujib. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ryan Haryanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES