Politik Pilkada 2024

Lantik PPK Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Malang Sebut Ujung Tombak Masyarakat

Kamis, 16 Mei 2024 - 15:01 | 10.30k
Suasana pelantikan anggota PPK jelang Pilkada 2024. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Suasana pelantikan anggota PPK jelang Pilkada 2024. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang jelang Pilkada 2024 mendatang. Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat bersama jajaran Forkopimda Kota Malang.

Wahyu Hidayat mengatakan, PPK akan menjadi ujung tombak yang bisa melaksanakan tugas-tugasnya sebagai kepanjangan tangan dari KPU untuk Pilkada 2024.

"Harapannya PPK jadi ujung tombak, bisa melaksanakan tugas dengan baik, profesional, jujur, aman, nyaman dan menghasilkan apa yang diinginkan masyarakat," ujar Wahyu, Kamis (16/5/2024).

Ia juga mengungkapkan, dari Pemkot Malang sudah mencairkan anggaran untuk disalurkan ke KPU dan Bawaslu Kota Malang. "Kita menganggarkan dan sudah kita cairkan untuk KPU dan Bawaslu," katanya.

Sementara, Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas memastikan bahwa anggaran dan support dari Pemkot Malang sudah tersalurkan 100 persen.

pelantikan-anggota-PPK-jelang-Pilkada-2024-a.jpg

"Ada juga petugas dari Dinkes dan Satpol PP yang membantu kita untuk kelancaran (pesta demokrasi)," katanya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPK ini, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang yang terselenggara 27 November 2024 mendatang.

PPK sendiri memiliki masa tugas selama 8 bulan. Tugas utamanya, yakni membantu KPU dalam menjalankan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024. "Kita lakukan seleksi terbuka lagi dan memang 80 persen anggota PPK lama ( di Pemilu 2024)," imbuhnya.

Setelah ini, nantinya akan ada tahapan rekrutmen PPS dan PPDP serta tahapan lain untuk kebutuhan Pilkada 2024 mendatang. "PPK yang baru kita lantik merupakan petugas tingkat kecamatan yang memiliki peran vital. Ini menjadi ujung tombak di garda terdepan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES