Politik Pilkada 2024

Anwar Sadad Pastikan Dua Partai Gajah Bersatu di Pilkada Jatim

Jumat, 24 Mei 2024 - 17:58 | 20.72k
Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad saat menerima cinderamata dari Ketua Golkar Jatim Sarmuji di Kantor Gerindra Jatim, Jumat (24/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad saat menerima cinderamata dari Ketua Golkar Jatim Sarmuji di Kantor Gerindra Jatim, Jumat (24/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pengurus Partai Golkar Jatim melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor DPD Gerindra Jatim, Jumat (24/5/2024). Kedatangan mereka disambut langsung oleh Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad bersama jajaran pengurus. Antara lain Sekjen Gerindra Kharisma Febriansyah, Ketua Dewan Penasehat Bambang Haryo Soekartono (BHS), Wakil Ketua Gerindra Jatim Hadi Dediansyah dan Ketua Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso.

Kehadiran Golkar ke Kantor DPD Gerindra Jatim ini merupakan kunjungan balasan sekaligus membahas perhelatan Pilkada Serentak. 

"Dalam peperangan besar kita tetap harus banyak belajar dari Partai Golkar," kata Sadad saat sambutan.

Sadad berharap pertemuan ini dapat merumuskan strategi dan dukungan.

"Kita banyak mendukung Partai Golkar di banyak tempat, seperti di Pasuruan. Begitu pula Golkar banyak mendukung calon dari kami," ucapnya.

Parpol tidak bisa berjuang sendirian, harus saling mengisi. Sadad ingin Golkar menjadi bagian dari kekuatan tersebut.

"Kita ber-segajah dari atas sampai bawah. Di tingkat nasional, provinsi sampai tingkat bawah," ujarnya.

Sampai saat ini Gerindra banyak mendukung para calon kepala daerah dari Golkar dengan target kemenangan telak. Sementara Gerindra mempunyai 16 calon yang maju dalam Pilkada 2024.

Ketua Golkar Jatim, Sarmuji, silaturahmi merupakan bagian menjalin kerja sama sebagai partai yang corak dan karakternya nyaris sama. Ia juga memaparkan sejumlah kajian terkait kesamaan ideologi Golkar dan Gerindra 

"Gerindra ini, seperti mengkloning Partai Golkar," kata Sarmuji.

"Di Pilkada ini kita berharap kerja sama yang lebih akrab," tambahnya.

Sarmuji memimpikan muncul pasangan Gerindra-Golkar maupun sebaliknya di beberapa daerah. Misal di Madiun.

"DPC Gerindra sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Partai Golkar. Kita berharap DPD Gerindra juga menyetempel," ujarnya.

Golkar saat ini juga tengah menjajaki Pilkada Surabaya dan memperkuat koalisi di Pilgub Jatim.

"Lanskap politik Jatim 2024-2029 hampir bisa dipastikan berubah cukup drastis. Gerindra yang kemarin belum memiliki bupati, rasa-rasanya 2029 akan memiliki jumlah bupati yang lumayan dan Golkar juga akan memiliki kepala daerah dalam jumlah yang cukup," kata Sarmuji.

Sementara di daerah yang lain, ada kemungkinan gelombang dukungan lebih besar.

"Peluangnya lebih dari sepuluh mungkin bisa separuh dari seluruh Pilkada Jatim kemungkinan kita bisa bekerjasama," kata Sarmuji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES