Politik Pilkada 2024

Bahas Cabup Malang, Dewan Syuro PKB Kabupaten Malang Tegaskan Posisi Abah Kholik

Sabtu, 01 Juni 2024 - 20:20 | 32.83k
Sejumlah anggota Dewan Syuro PKB Kabupaten Malang usai melakukan rapat yang membahas sikap DPC PKB Kabupaten Malang terhadap bacabup Malang, H Kholiq, sesuai amanat Musykercab 2023, Sabtu (1/6/2024). (Foto Amin/TIMES Indonesia)
Sejumlah anggota Dewan Syuro PKB Kabupaten Malang usai melakukan rapat yang membahas sikap DPC PKB Kabupaten Malang terhadap bacabup Malang, H Kholiq, sesuai amanat Musykercab 2023, Sabtu (1/6/2024). (Foto Amin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MALANG – Dewan Syuro DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang membahas posisi H Kholiq, Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang 2024, Sabtu (1/6/2024). 

Berkumpulnya pengurus Dewan Syuro PKB Kabupaten Malang menyusul berkembangnya dinamika politik menjelang Pilkada Kabupaten Malang beberapa waktu terakhir.

Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang H Suprapto mengungkapkan, rapat yang dilakukan ini membahas apa yang sudah diputuskan dalam musyawarah kerja DPC PKB Kabupaten Malang. Dalam musyarah itu Abah Kholik diputuskan menjadi Bacabup Malang yang bakal diusung PKB pada Pilkada Kabupaten Malang 2024.

"Kami merujuk AD/ART partai, juga hasil Muskercab PKB Kabupaten Malang pada 23 Desember 2023 lalu, bahwa Ir H Kholik yang diputuskan maju sebagai cabup Malang," terang Suprapto, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (1/6/2024). 

Meski demikian, menurutnya dengan melihat dinamika politik yang berkembang, bahwa Bupati Sanusi ingin menggandeng PKB, maka H Kholik tetap akan diusulkan sebagai bakal wakilnya. 

"Alternatifnya seperti apa jika ada perkembangan baru, konkritnya belum bisa disampaikan sekarang," kata Suparto. 

Senada, Wakil Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang, Gus Ibnu Mukti menambahkan, rapat Dewan Syuro digelar untuk mempertegas hasil Muskercab. Yakni, Ketua DPC PKB Kabupaten Malang H Kholiq dipercaya untuk maju sebagai Cabup Malang di Pilkada 2024. 

"Pada intinya pertemuan atau rapat Dewan Syuro hari ini untuk mempertegas hasil Muskercab yang sudah menghasilkan keputusan. Bahwasanya, yang direkomendasi melalui hasil Muskercab itu adalah Ir H Kholiq," ujar Gus Ibnu. 

Lebih lanjut ia mengatakan, penegasan ini perlu disampaikan, di tengah terus berkembangnya dinamika jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Malang November 2024 mendatang.

"Kami tidak ingin Dewan Syuro ini disebut tidak mempertimbangkan aspirasi dari hasil Muskercab. Karena, Kami juga tidak mau PKB disebut plin-plan. Muskercab ini merupakan amanah yang harus ditindaklanjuti," tandasnya. 

Kendati demikian, kata Gus Mukti, Dewan Syuro PKB Kabupaten Malang akan sangat menghormati apa yang menjadi rekomendasi dari DPP PKB, terkait siapa calon yang diputuskan mendapat rekomendasi.

"Adapun nanti selanjutnya tergantung arahan dari DPP. Termasuk untuk koalisi dengan petahana (H Sanusi) ataupun langkah lainnya, diserahkan sepenuhnya kepada DPP PKB," tandasnya.

Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang sendiri beranggotakan 11 orang. Menurut Gus Mukti, pertimbangan Dewan Syuro juga semestinya menjadi bahan masukan untuk DPP. 

Karena itu pula, hasil rapat Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang ini akan diteruskan, dengan harapan menjadi pertimbangan DPP dalam memutuskan rekomendasi cabup-cawabup nantinya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES