Politik Pilkada 2024

Gerindra Jatim Perkuat Nama Hendy Setiono sebagai Cawawali di Pilkada 2024

Senin, 03 Juni 2024 - 19:00 | 13.23k
Cawawali dari Gerindra Jatim, Hendy Setiono. (FOTO: Dok. Hendy Setiono/TIMES Indonesia)
Cawawali dari Gerindra Jatim, Hendy Setiono. (FOTO: Dok. Hendy Setiono/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MALANG – DPD Partai Gerindra Jawa Timur (Jatim) melirik sejumlah nama untuk Pilwali Surabaya 2024 mendatang. Selain Bayu Airlangga yang dilirik sebagai Calon Wali Kota (Cawali), Gerindra juga melirik pengusaha muda, yakni Hendy Setiono sebagai Calon Wakil Wali Kkota (Cawawali) Surabaya 2024.

Ketua DPD Gerindra Surabaya, Anwar Sadad menyebut nama Hendy Setiono diusulkan oleh Relawan Prabowo-Gibran dan Relawan Santri Prabowo (Santri Pro) dan relawan Jokowi.

"Usulan dari teman-teman itu merupakan aspirasi yang baik dalam proses demokrasi," ujar Gus Sadad, Senin (3/6/2024).

Menurutnya, Gerindra terbuka untuk mengusung calon potensial seperti Hendy meski ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sebelum kandidat resmi mendapatkan rekomendasi.

Selain kapabilitas, calon yang diusung Gerindra harus memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) yang tinggi, mengingat adanya calon petahana yang diusung PDI Perjuangan dan PKB.

"Kami ingin mengusung calon yang memiliki program kerakyatan, mampu merangkul semua kalangan dan memiliki potensi keterpilihan besar," ungkapnya.

Gerindra tentu juga mendorong para calon yang representasi Anak Muda dalam pilkada kali ini. Sebab, lanjut Gus Sadad, ia melihat potensi pemilih muda cukup besar di Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya.

"Sehingga, kami pun ingin ada keterwakilan anak muda yang ikut bertarung dalam Pilwali Surabaya November mendatang," tegasnya.

Para calon, diharapkan menjalin komunikasi dengan internal Gerindra dan menyampaikan program yang disiapkan kepada pengurus dan kader di akar rumput.

"Pada akhirnya, semua keputusan akan diambil oleh Ketua dewan pembina sekaligus ketua umum kami, Bapak Prabowo Subianto," ucapnya.

Sementara dalam survei ARCI, elektabilitas Hendy Setiono cukup kompetitif sebagai cawawali Surabaya 2024. Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut bahwa Hendy punya peluang maju sebagai Cawawali Surabaya 2024.

"Hendy cukup kompetitif. Dalam temuan kami, elektabilitas Hendy di angka 13,1 persen untuk cawawali," jelasnya.

Menurut Baihaki, Hendy bisa jadi cawawali mendampingi Eri Cahyadi atau Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya 2024.

"Bisa dengan Eri Cahyadi, bisa dengan Bayu Airlangga. Karena dengan Eri komposisi birokrat-pengusaha, dengan Bayu komposisi politikus-pengusaha," tandasnya.

Sebagai informasi, dalam survei ARCI untuk calon wali kota (cawali) Kota Surabaya, petahana Eri Cahyadi masih teratas di angka 37,8 persen. Disusul kader Gerindra, Ahmad Dhani 15,7 persen dan kader Golkar, Bayu Airlangga di angka 14,6 persen.

Kemudian, ada nama eks Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan di angka 8,4 persen. Lalu ada nama pengusaha muda yang juga CEO Baba Rafi, Hendy Setiono di angka 5,2 persen.

Sementara dalam simulasi calon wakil wali kota Surabaya, Armuji di angka 35,8 persen, Bayu Airlangga di angka 25,5 persen, Hendy Setiono 13,1 persen, Wakil Ketua Gerindra Jatim Hadi Dediansyah 8,7 persen dan Arif Fathoni 3,2 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES