Politik Pilkada 2024

Pilkada Sumba Timur, Charta Politika Sebut Pasangan Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani Ungguli Paslon Lain

Selasa, 11 Juni 2024 - 17:16 | 18.46k
Ilustrasi Bupati dan Wakil Bupati.
Ilustrasi Bupati dan Wakil Bupati.
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sumba Timur 2024 (Pilkada Sumba Timur 2024), Charta Politika menyebut elektabilitas pasangan Umbu Lili Pekuwali (ULP) – Yonathan Hani (YH) ungguli pasangan Kristofel Praing (KP) – Franky Ranggambani (FR).

Menurut Charta Politika, berdasarkan hasil survei pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur yang diusung partai Golkar dan Nasdem lebih unggul dibanding bakal calon Bupati Sumba Timur (incumbent) Khirtofel Praing dan pasangannya, Frangky Ranggambani.

“Pasangan Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani pasangan ini akan meraih 49,8% Suara unggul dari pasangan Khristofel Praing dan Frangky Ranggambani yang meraih 34,0%,” tulis Charta Politika dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (11/6/2024).

Survei terhadap elektabilitas calon Bupati Sumba Timur ini dilaksanakan pada 29 April – 4 Mei 2024 dengan jumlah responden mencapai 400 orang. Survei dlaksanakan menggunakan metode tatap muka atau face to face menggunakan multistage random sampling.

Hasil survei ini juga menyebutkan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka dari simulasi 4 nama: Umbu Lili Pekuwali unggul 41% dari Khristofel Praing yang meraih 35%. David Melo Wadu 9%. Stefanus Come Rihi 1,3% dan sisanya 13,3% tidak tahu atau tidak menjawab.

“Sementara dalam simulasi dua nama yakni Umbu Lili Pekuwali juga dipastikan unggul 44% dari Khristofel Praing 36,3% sisanya 14% tidak tahu atau tidak menjawab,” tulis laporan Charta Politika.

Sebelumnya pasangan calon (paslon) Umbu Lili Peku-YH telah mendaftarkan diri di PDIP Perjuangan, Demokrat, Gerindra dan PKB. Partai Golkar secara internal telah menugaskan Umbu Lili Pekuwali. Sedangkan Partai Nasdem memberikan rekomendasi kepada Yonathan Hani. PKB juga memberi rekomendasi kepada paslon tersebut.

“Ini tentunya kita menghendaki agar Sumba Timur ini lebih baik ke depannya. Oleh sebab itu apa yang sudah kita lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur sebagai bagian dari proses dan tahapan yang harus kita ikuti di setiap partai politik untuk berproses menjadi calon Bupati dan calon Wakil Bupati Sumba Timur periode 2024 – 2029 mendatang,” tandas Umbu Lili. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES