Politik

Lewat Tampilan Hasta Brata, Mak Rini Pesan Warga Blitar Pilih Pemimpin Berkarakter Ideal dalam Pilkada

Minggu, 23 Juni 2024 - 11:34 | 15.66k
Foto: Zaenal
Foto: Zaenal

TIMESINDONESIA, BLITAR – Festival Kresnayana ke-11 digelar di amphiteater Candi Penataran. Melalui lakon "Hasta Brata", Bupati Blitar Rini Syarifah agar masyarakat memilih pemimpin yang berkarakter ideal dalam Pilkada 2024 mendatang. 

Lakon Hastabrata ini mengisahkan sebuah manisfestasi misi penyelamatan dunia dari kehancuran dan kejahatan melalui kiprah dua satria pinandhita. Kresna dan Arjuna sebagai duta kedamaian dalam mewujudkan hastabrata. Perwujudan ilmu alam semesta untuk jiwa pemimpin. 

Hastabrata sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Hasta artinya delapan,  dan Brata yaitu perilaku atau tindakan pengendalian diri. Hastabrata melambangkan kepemimpinan dalam delapan unsur alam yaitu bumi, matahari, api, samudra, langit, angin, bulan, dan bintang. 

Festival-Kresnayana-2.jpg

Tiap unsur Hastabrata mengartikan tiap karakteristik ideal dari seorang pemimpin. Pemimpin menjadi pengarah dan pedoman bagi lingkungannya. Menjadi pengarah artinya menjadi sebuah inspirasi bagi yang lain. Menjadi inspirasi artinya pemimpin memiliki satu prinsip dasar yang menjadi ruh kepemimpinannya. 

"Untuk itu pagelaran Kresnayana malam ini marilah kita lihat sampai tuntas, kita ambil hikmahnya guna bekal membaktikan diri pada masyarakat. Dalam kesempatan ini saya juga mengingatkan, bahwa 27 Nopember 2024 kita akan menggelar pemilihan kepala daerah. Harapan kita bersama, kegiatan tersebut lancar, Kabupaten Blitar tetap damai, kondusif masyarakatnya ayem," kata bupati yang akrab disapa Mak Rini dalam sambutannya, Sabtu (22/6/2024)

Mak Rini menambahkan, beberapa waktu lalu pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan anggota legislatif maupun DPD juga berlangsung lancar, situasi kondusif. Untuk itu, Mak Rini berharap bisa mengulang kesuksesan yang sama meski beda pilihan sehingga  tetap guyub, tidak perlu saling mencela. 

Festival-Kresnayana-3.jpg

"Karena kita tahu tujuan semua calon pada Pilkada adalah sama yakni mensejahterakan masyarakat. Sekali lagi tetap jaga kondusifitas, kita buktikan Pilkada 2024 di Kabupaten Blitar berkualitas karena damai dan aman. Saya juga berharap, kita semua tetap bersinergi dan menjalin kolaborasi demi mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyyibatun warobun ghofur," tandasnya.  

Secara khusus Mak Rini menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya kepada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini bisa berlangsung lancar. Harapan kami semoga kolaborasi dan kerjasama seni  budaya ini dapat menjadi jaringan promosi wisata antar daerah, menginspirasi, mengedukasi sekaligus menghibur kita semua. 

 "Harapan kami, semoga kolaborasi dan kerjasama seni budaya ini dapat menjadi jaringan promosi wisata antar daerah, menginspirasi, mengedukasi, sekaligus menghibur kita semua," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES