Politik Pilkada 2024

Tim Pemenangan Optimistis, Duet Rohmi-Firin Bakal Menang di Pilkada NTB 2024

Jumat, 28 Juni 2024 - 12:36 | 79.63k
Tim Pemenangan Rohmi-Firin M Nasib Ikroman (kiri) menanggapi hasil survei Poltracking Indonesia terbaru.(FOTO: Dok Pribadi for TIMES Indonesia)
Tim Pemenangan Rohmi-Firin M Nasib Ikroman (kiri) menanggapi hasil survei Poltracking Indonesia terbaru.(FOTO: Dok Pribadi for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MATARAM – Tim Pemenangan Rohmi-Firin M Nasib Ikroman menanggapi hasil survei Poltracking Indonesia yang menyatakan elektabilitas bakal calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah terus meningkat menjelang Pilkada NTB 2024.

Dia mengaku optimistis dengan kemungkinan Sitti Rohmi Djalilah akan menang dalam kontestasi Pilkada NTB 2024 tersebut.

“Tentu kami mengapresiasi hasil survei Poltracking Indonesia. Kami optimistis Sitti Rohmi Djalilah dan HW Musyafirin (Rohmi-Firin) akan menjadi gubernur dan wakil Gubernur NTB periode 2025-2030,” kata M Nasib Ikroman, Jumat (28/6/2024).

Ikroman menyinggung para relawan yang terus bekerja memenangkan pasangan Rohmi-Firin.

Menurutnya, survei Poltracking Indoensia tersebut menjadi pecutan pihaknya agar bekerja lebih keras lagi di lapangan.

"Relawan Rohmi-Firin terus bekerja dan menjadikan survei sebagai sebuah indikator untuk bekerja lebih keras lagi," ucap dia.

Sebelumnya, Poltracking Indonesia merilis hasil survei Pilkada NTB 2024 terbaru yang  menyebut Sitti Rohmi Djalilah  berada di posisi teratas, diikuti oleh Zulkiemansyah serta Lalu Muhammad Iqbal. Survei dilakukan pada 31 Mei hingga 7 Juni 2024.

“Dalam simulasi semi terbuka terhadap para pemilih, Sitti Rohmi Djalilah unggul dengan angka 23,8 persen, mengalahkan petahana Zulkieflimansyah yang memperoleh 21,3 persen, dan Lalu Muhammad Iqbal dengan 13,8 persen,” kata Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi.

Metodologi Survei

Survei Poltracking Indonesia ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dan melibatkan 800 responden. Margin of error survei ini sebesar ±3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Klaster survei mencakup 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB, disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024, dan stratifikasi berdasarkan proporsi jenis kelamin pemilih. 

“Sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka oleh pewawancara terlatih menggunakan aplikasi teknologi,” ujar Arya Budi.

Kepuasan Publik

Elektoral Sitti Rohmi Djalilah yang mengungguli Zulkieflimansyah juga konsisten saat memotret tingkat approval rating pemerintahan Provinsi NTB. 

Sebanyak 66,2 persen publik mengatakan puas terhadap kinerja Sitti Rohmi Djalilah sebagai Wakil Gubernur NTB 2018—2023. Sedangkan kepuasan publik terhadap Zulkieflimansyah sebagai Gubernur berada di angka 61 persen.

"Untuk approval rating kinerja pemerintah provinsi secara bersama, Gubernur dan Wakil Gubernur, diperoleh angka 64,3 persen," papar Arya Budi.

Tren Elektabilitas

Dr. Zulkieflimansyah yang sebelumnya selalu memimpin, kini mengalami penurunan signifikan dalam tren elektabilitas. Dalam survei sebelumnya yang dilakukan oleh LSI Denny JA, Zulkieflimansyah memperoleh 32,1 persen; Suhaili FT 11,9 persen; Sitti Rohmi Djalilah 10,3 persen; dan Indah Dhamayanti Putri 10,1 persen. 

Pada survei Poltracking Indonesia pada akhir Maret 2024, petahana Zulkieflimansyah masih berada di puncak dengan elektabilitas 29,0 persen.

Namun, tren terbaru menunjukkan penurunan elektabilitas Zulkieflimasyah, sementara Lalu Muhammad Iqbal terus menunjukkan peningkatan. Di sisi lain, Lalu Gita Ariadi tetap stagnan di urutan paling buncit dengan angka di bawah 5 persen.

Dengan meningkatnya elektabilitas Sitti Rohmi Djalilah dan dukungan publik yang kuat, perjalanan menuju kursi Gubernur NTB menjadi semakin menarik untuk diikuti menjelang Pilkada NTB 2024.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES