Politik Pilkada 2024

‘Si Tengger’ Diluncurkan, KPU Jatim Apresiasi Pemkab Probolinggo

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:41 | 41.00k
Peluncuran “Si Tengger”, maskot resmi Pilkada 2024 Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Ryan Haryanto/TIMES Indonesia)
Peluncuran “Si Tengger”, maskot resmi Pilkada 2024 Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Ryan Haryanto/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ribuan penonton memadati Stadion Gelora Merdeka (SGM) Kraksaan pada Sabtu (29/6/2024) malam untuk menghadiri peluncuran bertajuk Simposium Demokrasi yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Probolinggo

Acara ini menjadi sorotan utama dengan diperkenalkannya maskot resmi Pilkada 2024 Kabupaten Probolinggo bernama "Si Tengger". 

Maskot ini diharapkan menjadi simbol semangat dan identitas masyarakat dalam proses demokrasi yang berlangsung.

Pilkada-2024-Kabupaten-Probolinggo-2.jpgPencipta maskot “Si Tengger”, maskot resmi Pilkada 2024 Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Ryan Haryanto/TIMES Indonesia)

Puncak acara ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba cipta maskot KPU Kabupaten Probolinggo.

Seorang pria bernama Saniri berhasil meraih juara pertama dengan maskot "Si Tengger" dan berhak atas hadiah senilai Rp 8 juta.

Juara kedua diraih oleh R Muhammad Ihwanul dengan maskot "Si Jabo" dan hadiah Rp 5 juta, sedangkan juara ketiga diraih Ramzi Akram Alnovan dengan maskot "Si Omo" dan hadiah Rp 2 juta.

Lomba cipta maskot ini menampilkan kreativitas dalam menggambarkan nilai-nilai dan karakteristik unik Kabupaten Probolinggo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Ali Wafa, menjelaskan, Si Tengger menjadi ikon yang melambangkan suasana anteng (tenang) dan seger (bahagia) di Kabupaten Probolinggo.

 "Tengger merupakan ikon Kabupaten Probolinggo, yaitu suasana yang anteng dan seger," kata Ali Wafa.

Menurutnya, suasana anteng mencerminkan ketenangan dan kedamaian, serta tidak adanya konflik atau berita hoaks yang dapat merusak pelaksanaan Pilkada 2024.

Sementara itu, seger menggambarkan kebahagiaan yang diharapkan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat selama Pilkada berlangsung.

Peluncuran maskot ini dimeriahkan oleh penampilan artis dari Banyuwangi dan Jember, menambah semarak dan kegembiraan acara. 

"Seger itu adalah bahagia. Seperti yang kami berikan malam ini dengan menghadirkan artis dari Banyuwangi dan Jember," tambah Ali Wafa.

Dukungan penuh dari Pemerintah dan pimpinan legislatif Kabupaten Probolinggo untuk Pilkada 2024 mendapat pujian dari KPU Jawa Timur. 

Dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp60 miliar, pemerintah daerah menunjukkan komitmen nyata untuk suksesnya pesta demokrasi ini. 

"Dukungan sebesar ini bukan hal yang mudah didapatkan. Tidak semua pemerintah daerah memiliki komitmen serupa. Semua pengajuan dari KPU Kabupaten langsung di-ACC," kata Komisioner KPU Jatim, Miftahur Rozaq dengan penuh apresiasi.

Tahapan Pilkada Serentak yang akan digelar pada 20 November 2024 semakin dekat, dengan kurang dari 150 hari menuju hari pemungutan suara pada 27 November 2024.

"Kami yakin, komitmen warga Kabupaten Probolinggo luar biasa," tambahnya, mengenang kesuksesan Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Sementara itu, Penjabat Bupati (Pj Bupati) Probolinggo, Ugas Irwanto, mengungkapkan tema Pilkada 2024 Kabupaten Probolinggo kali ini adalah mencari sosok pemimpin yang hebat dan bermartabat.

"Meskipun pilihan berbeda, kami berharap tetap terjaga keharmonisan dan keamanan serta menjaga silaturahmi antarwarga," ungkap Pj Bupati Ugas Irwanto.

Proses panjang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati menjadi tantangan besar bagi seluruh petugas KPU, termasuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Suara kita akan menentukan arah kemajuan Kabupaten Probolinggo ke depannya," tambahnya.

Pj Bupati juga mengajak seluruh warga Kabupaten Probolinggo untuk aktif menggunakan hak pilihnya. "Tolong hadiri, jangan golput!" pungkas Ugas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ryan Haryanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES