Politik Pilkada 2024

Jalan Mulus Kaesang Pangarep di Pilkada 2024

Selasa, 02 Juli 2024 - 13:15 | 12.07k
Presiden Jokowi bersama Kaesang Pangarep. (FOTO: Antara)
Presiden Jokowi bersama Kaesang Pangarep. (FOTO: Antara)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak Presiden Jokowi (Joko Widodo) yakni Kaesang Pangarep mendapatkan jalan mulus untuk maju di Pilkada 2024. 

Jalan mulus itu salah satunya diberikan oleh KPU lewat putusan MA. Lembaga yang diketuai oleh Hasyim Asy'ari tersebut menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur berusia minimal 30 tahun serta calon bupati dan wakil bupati berusia paling rendah 25 tahun.

Saat ini Kaesang Pangarep masih berusia 29 tahun. Ia lahir pada 25 Desember 1994. Artinya sebentar lagi Ketua Umum PSI tersebut akan genap 30 tahun.

Hingga kini, setidaknya ada dua wilayah yang diprediksi akan diikuti oleh anak emas Kepala Negara tersebut. Antara lain Jakarta dan Jawa Tengah.

Namun, dari angka elektabilitasnya, ia berpotensi maju di kandang PDIP yakni di Jawa Tengah. Misalnya, hasil survei LSI, Kaesang unggul di Pilkada Jawa Tengah. Ia bahkan mengungguli Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang digadang-gadang bakal maju di wilayah tersebut.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, dalam simulasi enam nama, Kaesang unggul dengan perolehan 25,6%, disusul dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan perolehan 16,1%.

Ia menjelaskan, salah satu alasan Kaesang unggul adalah karena anak Presiden Jokowi. "Kaesang itu adalah berasal dari keluarga tokoh politik atau tokoh masyarakat," katanya kepada media.

Dia menyampaikan, survei ini dilakukan ke 1.200 responden pada periode 21-26 Juni 2024. Populasi survei adalah WNI di Jawa Tengah, yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, dan memiliki telepon seluler.

Sampel survei sebanyak 1.200 responden dipilih melalui metode double sampling. Metode ini adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Wawancara responden dalam survei ini menggunakan metode telepon. Margin of error survei diperkirakan ± 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES