Politik

Terima Rekom DPP PAN, H Ivan Dicksan Bangun Koalisi untuk Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya

Jumat, 05 Juli 2024 - 04:34 | 13.42k
Calon Wali Kota Tasikmalaya H. Ivan Dicksan (kiri) berfoto Bersama Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya, H. Hendro Nugraha di salah satu rumah makan kawasan Jalan Yudanegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamis, (4/7/2024) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES
Calon Wali Kota Tasikmalaya H. Ivan Dicksan (kiri) berfoto Bersama Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya, H. Hendro Nugraha di salah satu rumah makan kawasan Jalan Yudanegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamis, (4/7/2024) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Calon Wali Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan semakin aktif dalam upayanya membangun komunikasi politik jelang Pilkada 2024 di Kota Tasikmalaya.

Ini dilakukan setelah ia menerima surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nomor 1275/PILKADA/VII/2024. 

Ivan melakukan pertemuan tatap muka dengan pengurus dan Tim Pilkada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Tasikmalaya, yang bertempat di salah satu rumah di kawasan Jalan Yudanegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamis, (4/7/2024) malam

Hendro-Nugraha.jpgKetua DPD PAN Kota Tasikmalaya, H. Hendro Nugraha saat memberikan keterangan kepad awak media di salah satu rumah makan Kawasan Jalan Yudanegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamis, (4/7/2024) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

angkah ini diambil sebagai bentuk persiapan menjelang Pilkada 2024. Dalam pertemuan tersebut, Ivan didampingi oleh timnya, termasuk Sekretaris DPC PPP, Zenzen Jaenudin. 

Ivan menyampaikan bahwa langkahnya ini merupakan tindak lanjut dari surat rekomendasi yang diterimanya dari DPP PAN. Sejak awal, Ivan tidak hanya mengikuti penjaringan di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tetapi juga aktif membangun komunikasi dengan PAN. 

"Saya sampaikan dua-duanya kan tidak bisa mengusung sendiri," ujar Ivan, menjelaskan bahwa baik PPP maupun PAN perlu berkoalisi untuk dapat mengusung calon di Pilkada.

rumah-makan-kawasan-Jalan-Yudanegara-2.jpg

Ivan juga menegaskan bahwa tugas utamanya adalah membangun koalisi antara PPP dan PAN agar dapat mengusungnya sebagai calon Wali Kota Tasikmalaya.  "Ya kalau misalnya kedua partai ini bisa bergabung, artinya tugas rekomendasi juga saya laksanakan," ujarnya. 

Meski menyadari bahwa PAN di tingkat daerah telah bekerja sama dengan Partai Golkar, Ivan tetap optimis karena keputusan akhir mengenai koalisi dan pengusungan calon berada di tangan DPP. 

"Pada intinya saya sepenuhnya menyerahkan kepada kebijakan partai," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ivan juga menyampaikan bahwa dirinya telah meminta restu dan dukungan dari tokoh-tokoh partai. Ia merasa bersyukur karena niatannya mendapat sambutan positif, sehingga memperbesar harapannya untuk menyatukan PAN dan PPP dalam satu koalisi. 

"Alhamdulilah tadi pagi saya menemui tokoh Kota Tasikmalaya H. Syarif Hidayat dan berbincang cukup lama, alhamdulillah saya mendapat dukungan darinya," ungkapnya.

Disinggung rencana komunikasi dengan partai lain Ivan juga menyebut akan berencana untuk membangun komunikasi dengan partai-partai lain. Meskipun belum dapat mengungkapkan partai mana saja yang sudah dia jajaki.

Dirinya menyatakan akan masuk ke partai yang memberikan ruang untuknya. "Ya, ketika nanti ada partai yang memberikan ruang, ya saya masuk," tambahnya

Langkah Ivan mendapat respon dari Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya, H. Hendro Nugraha yang menyambut baik langkah Ivan yang datang membawa surat rekomendasi dari DPP PAN. 

Hendro menyebut sebelumnya pihaknya enggan bereaksi menyangut tentang rekomendasi karena dirinya belum melihat langsung surat tersebut, namun pada akhirnya dirinya kini menyampaikan dukungannya. 

Hendro juga menepis adanya kecanggungan karena PAN di Kota Tasikmalaya telah berkoalisi dengan Golkar. Menurutnya, H. Ivan sudah paham dengan konstalasi politik di daerah. 

"Ya kalau canggung sih tidak, kami juga sudah pada memahami bahwa PAN di Kota Tasikmalaya sudah ada MoU dengan Golkar," tandas Hendro.

Hendro juga menekankan bahwa politik selalu dinamis, sehingga berbagai hal bisa terjadi. Konstalasi politik ini menurutna bisa berubah-ubah sampai terbangunnya koalisi final dan munculnya surat keputusan (SK) untuk pasangan yang diusung. 

Pada kesempatan tersebut, hadir juga koordinator Pilkada PAN Kota/Kabupaten Tasikmalaya, H. Budi Mahmud Saputra.

Dia mendorong H Ivan Dicksan sebagai kandidat untuk terus bergerak karena waktu pencalonan Pilkada 2024 di Kota Tasikmalaya semakin dekat. "Kita harus bergerak cepat mendorong pak Ivan, karena waktu itu tidak berjalan mundur, tapi tentunya terus maju kan," pungkas Budi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES