Politik Pilkada 2024

Peta Konstelasi Politik Pilkada Lombok Timur 2024: TGH Fatihin Meramaikan Pertarungan

Selasa, 09 Juli 2024 - 10:38 | 14.64k
TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin (TGH Fatihin) siap maju sebagai calon Bupati Lombok Timur. (FOTO: Tim Media Fatihin)
TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin (TGH Fatihin) siap maju sebagai calon Bupati Lombok Timur. (FOTO: Tim Media Fatihin)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMURPilkada Lombok Timur 2024 diprediksi akan berlangsung sengit. Salah satu nama yang kini mencuri perhatian adalah TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin (TGH Fatihin), yang digadang-gadang akan maju sebagai calon Bupati Lombok Timur.

TGH Fatihin merupakan cucu dari pahlawan nasional dan pendiri organisasi Nahdlatul Wathan (NW), Maulauna Syaikh TGKH Zainuddin Abdul Madjid, bukanlah sosok asing di Lombok Timur. 

Selain memiliki darah pejuang, TGH Fatihin juga adik kandung dari Ketua Umum PB NW, TGH Lalu Gede M Zainuddin Atsani. 

Saat ini, TGH Fatihin menjabat sebagai Ketua STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Dr. Ihsan Hamid, mengemukakan bahwa kemunculan nama TGH Fatihin dalam bursa Pilkada Lombok Timur 2024 akan memberikan warna baru, karena mewakili generasi muda.

Menurut Ihsan Hamid, selain dikenal sebagai Pengurus PBNW, TGH Fatihin juga dinilai memiliki modal popularitas dan elektabilitas di basis Nahdlatul Wathan (NW).

"Dari segi usia, TGH Fatihin bisa menjadi representasi generasi muda.Tentunya dengan sokongan organisasi NW akan menjadi kekuatan besar dalam persaingan Pilkada Lombok Timur mendatang,” kata Ihsan Hamid, dalam pernyatannya, Selasa (9/7/2024).

Namun, Ihsan mengingatkan bahwa kendaraan politik yang akan digunakan TGH Fatihin untuk maju di Pilkada Lotim juga perlu dipertimbangkan secara matang.

Beberapa waktu lalu, muncul wacana tentang kemungkinan pasangan TGH Hazmi Hamzar dan TGH Fatihin untuk Pilkada Lombok Timur. 

Ihsan berpendapat, jika komposisi pasangan Hazmi-Fatihin terwujud, mereka akan memiliki peluang kuat untuk memenangkan Pilkada Lombok Timur dengan mudah.

"Kalau saya pikir, Koalisi NW dengan Maraqitta’limat (Maraqit) akan memenangkan Pilkada Lombok Timur, jika koalisi kedua organisasi masyarakat (ormas) tersebut benar-benar terwujud," katanya.

Siap Maju Pilkada Lombok Timur 2024

Sementara, TGH Fatihin telah mengonfirmasi rumor yang beredar mengenai dirinya yang akan maju dalam Pilkada Lombok Timur 2024. 

Dalam sebuah forum resmi jemaah NW di Anjani, Lombok Timur, belum lama ini, TGH Fatihin menegaskan bahwa dirinya siap maju dalam kontestasi Pilkada jika hal itu merupakan aspirasi masyarakat dan amanah yang diberikan kepadanya.

"Untuk menjawab banyak pertanyaan dari jemaah dan masyarakat Lotim umumnya, maka saya sampaikan dengan mengucap Bismillah, saya akan maju sebagai Calon Bupati Lombok Timur," tegas TGH Fatihin.

Pernyataan TGH Fatihin ini datang setelah spekulasi dan rumor yang berkembang luas di kalangan masyarakat Lombok Timur. 

Dukungan dari berbagai kalangan, terutama dari jemaah dan masyarakat tampak menguat untuk mendukung langkah TGH Fatihin dalam Pilkada Lombok Timur mendatang. 

Sebagai tokoh yang dikenal memiliki kedekatan dengan masyarakat, keputusan TGH Fatihin untuk maju diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Lombok Timur.

Kontestasi Pilkada Lombok Timur 2024 diprediksi akan menjadi salah satu perhelatan politik yang menarik perhatian banyak pihak. Dengan berbagai kandidat yang siap bersaing, termasuk TGH Fatihin, masyarakat Lombok Timur berharap dapat memilih pemimpin yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi daerah mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES