Positive News from Indonesia

Indonesia Ajak Rusia Lihat Potensi Kreatif Kota Malang

Kamis, 11 Januari 2024 - 11:14 | 18.33k
Perwakilan Rusia bersama Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Bidang Perekonomian saat mengunjungi MCC. (Foto: Pemkot Malang)
Perwakilan Rusia bersama Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Bidang Perekonomian saat mengunjungi MCC. (Foto: Pemkot Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Industri Kreatif Kota Malang menarik perhatian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan perwakilan Kedutaan Besar Federasi Rusia di Indonesia.

Hal ini terlihat saat Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Bidang Perekonomian, Edi Prio Pambudi dan perwakilan Kedubes Rusia berkunjung ke Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Rabu (10/1/2023) kemarin malam.

Edi mengatakan, Kota Malang memiliki keunggulan, salah satunya adalah industri kreatif. Oleh sebab itulah, Indonesia ingin mengajak perwakilan Rusia untuk melihat langsung potensi yang dimiliki Kota Malang.

"Ini pertama kita coba melakukan pendekatan baru, yaitu mengajak para diplomat dan senior officer dari kedutaan-kedutaan negara sahabat yang ada di Indonesia untuk turun langsung ke lapangan.

Bagaimana program diplomasi ekonomi, Indonesia ingin memanfaatkan bagaimana membumikan kerja sama ekonomi dari tingkat internasional sampai ke tingkat daerah," ujar Edi, Rabu (10/1/2024) kemarin malam.

Oleh sebab itu, Kemenko Bidang Perekonomian mengajak perwakilan Kedutaan Besar Federasi Rusia di Indonesia untuk melihat langsung ke lapangan, merasakan sendiri, berinteraksi dengan masyarakat langsung serta melihat berbagai macam perkembangan di daerah, sehingga mereka dapat menuliskan kesannya sendiri.

"Karena kalau kerja sama itu diatur melalui meja perundingan saja, saya kira hanya terbatas. Saat ini sedang dicoba sekarang, karena kita lihat Malang cukup lengkap, mulai dari teknologi pertanian, teknologi pangan, pengembangan UMKM yang sudah merambah ke pasar dunia dan juga ada yang menarik adalah industri kreatif yang merupakan salah satu keunggulan," ungkapnya.

Ia menyebut, beberapa negara juga sudah mulai melihat Indonesia sangat kaya dengan berbagai macam sumber usaha sehingga, saat ini bagaimana masing-masing pemerintah daerah mengembangkan industrinya untuk menarik perhatian mereka, termasuk Kota Malang.

"Mengapa kita mengajak mereka turun ke lapangan. Nanti kita juga akan mengajak dari negara lain yang mempunyai minat yang sama. Tinggal kita lihat referensinya untuk pertanian. Kita tahu Jawa Timur lumbung pangannya Indonesia, nah kemudian itu yang kita ajak mereka bagaimana melihat sebenarnya teknologi sudah sangat baik, tinggal bagaimana sosialisasi, bagaimana menghubungkan kesempatan mereka untuk bisa menanamkan investasi di daerah," jelasnya.

Saat ditanya pendapatnya mengenai MCC, perwakilan Kedutaan Besar Federasi Rusia di Indonesia menyampaikan bahwa MCC sangat mengesankan dan keren. Mereka pun berkeliling untuk melihat MCC sembari berinteraksi langsung dengan para pelaku ekonomi kreatif yang berkolaborasi bersama Pemkot Malang untuk menguatkan ekosistem ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Malang.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi berharap dengan adanya kunjungan ini, investasi di Kota Malang akan meningkat.

Pemkot Malang juga tentu sangat senang dengan adanya kunjungan dari Kementerian Koordinator Bisang Perekonomian dan perwakilan Kedutaan Besar Feserasi Rusia di Indonesia.

"Ini sebagai langkah awal mereka datang ke sini untuk menjalin hubungan yang kerangkanya sebetulnya hubungan antara Rusia dan Indonesia. Di dalam kerangka besar itu ada sektor-sektornya, saat ini mereka sedang melihat sektor-sektor tersebut. Ada beberapa tempat yang dilihat, salah satunya Kota Malang, karena di Kota Malang ini ada industri kreatif dan ini yang kita kenalkan ke mereka," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES