Peristiwa - Daerah

Bondowoso Peroleh Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik di Jatim

Bondowoso Peroleh Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik di Jatim Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat menerima Penghargaan Pembangunan Daerah dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasah. (FOTO: Istimewa)
Selasa, 09 April 2019 - 18:40

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOKabupaten Bondowoso berhasil memperoleh Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik, di Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah kepada Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin, saat pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Timur, di Grand City Convex, Surabaya, Selasa (9/4/2019).

Kabupaten Bondowoso sendiri, menjadi terbaik pertama, dari 9 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Adapaun sembilan kabupaten/kota yang dimaksud, secara berurutan adalah Bondowoso, Sampang Madura, Situbondo, Trenggalek, Ngawi, dan Ponorogo. Sementara untuk kota, masing-masing, Kota Kediri, Malang dan Blitar.

Bupati Salwa Arifin melalui Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat menyampaikan, bahwa semua itu bisa diperoleh, karena tidak lepas dari peran serta OPD.

“Alhamdulillah dalam tahap awal di pemerintahan yang baru ini kita bisa meraih predikat PPD terbaik ke satu se-Jawa Timur,” katanya.

Menurutnya, penjurian sendiri dilakukan melalui proses berjenjang, dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan.

Objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Penghargaan Pembangunan Daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan,” jelasnya.

Ia berharap, penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah, baik di tingkat  kabupaten hingga kecamatan, untuk berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.

Adapun nilai yang diperoleh untuk kategori Kabupaten Bondowoso, sebagai peringkat terbaik ke 1 adalah 77,67, Sampang 77,55, Situbondo 77,35, Trenggalek 75,17, Ngawi 73,66, dan Ponorogo 70,02.

Sementara untuk kota, sebagai kategori Kota Terbaik 1 kota Kediri memperoleh poin 71,72, sementara Kota Malang mendapatkan poin 67,74, dan kota Blitar dengan polin 65,78.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) se-Jawa Timur, yang diterima Kabupaten Bondowoso, diberikan beberapa sebelum pelaksanaan Musrenbang Provinsi Jatim. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration