Gaya Hidup

Tips Tinggalkan Kucing Kesayangan Saat Mudik

Tips Tinggalkan Kucing Kesayangan Saat Mudik ILUSTRASI - Pecinta Kucing Neko Kepo Cat Kafe 2, Kota Malang. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Senin, 03 Juni 2019 - 15:05

TIMESINDONESIA, BATU – Bagi pecinta kucing nampaknya harus membaca tips ini sebelum meninggalkan kucing kesayangan saat mudik. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar hewan peliharaan kita tetap sehat. 

Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kandang dalam kondisi bersih sebelum berangkat mudik. Jika memungkinkan minta tolong seseorang untuk membersihkannya saat kita mudik. 

Begitu juga dengan makanan yang diberikan, harus dipastikan berkecukupan, jangan sampai berlebihan atau pun kekurangan. 

Pemilik biasanya sudah hapal kebutuhan makanan setiap kucingnya  dalam sehari, sehingga bisa diperkirakan berapa lama kucing ini akan ditinggal mudik.

Nunuk-Yulianti-Rihardini.jpgManajer D Clinic, Drh Nunuk Yulianti Rihardini. (FOTO: Istimewa)

"Kalau makanan kelebihan bisa dirubung semut, kepada kucing kita juga berbahaya," kata Manajer D Clinic, Drh Nunuk Yulianti Rihardini. 

Selain kondisi kandang, biasanya permasalah lain adalah ruangan pengap. Ditinggal berhari-hari di ruangan tertutup, tentu akan berdampak pada kesehatan kucing juga. 

Sirkulasi udara harus diperhatikan pemilik sebelum berangkat mudik, karena cahaya kurang membuat ruangan menjadi lembab dan mengakibatkan penyakit kulit pada kucing seperti jamur dan scabies. 

"Lebih aman lagi titipkan saja ke hotel kucing di dekat tempat tinggal," kata Nunuk. Begitu tips  sebelum meninggalkan kucing kesayangan saat mudik. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration