Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Tim Mobil Listrik Speeder S2-SAE ITNY Raih Juara 2 Kompetisi di Bandung

Rabu, 27 November 2019 - 19:22 | 179.34k
Tim mobil listrik Speeder S2-SAE ITNY ketika berfoto bersama dengan mobil karya inovasinya. (FOTO: Humas ITNY/TIMES Indonesia)
Tim mobil listrik Speeder S2-SAE ITNY ketika berfoto bersama dengan mobil karya inovasinya. (FOTO: Humas ITNY/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh tim mobil listrik Speeder S2-SAE ITNY (Institut Teknologi Nasional Yogyakarta). Kali ini, prestasi tersebut didapatkan pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) XI di Kampus Politeknik Negeri Bandung, pada 14-16 November 2019.

Tim Mobil Listrik ITNY yang memenangi perlombaan ini merupakan karya mahasiswa dengan nama Mobil Speeder S2-SAE. Tim tersebut berhasil meraih juara 2 pada kategori Parkir, juara 2 kategori percepatan.

Mobil-Listrik-ITNY-2.jpg

Tim ini hasil kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE). Anggotanya adalah Jenilton Da Conceicao Miguel, Dika Bagus Putra, Rudy Chamimi, Arman I. Hehanussa, dan Fani Nurwimbo sebagai Driver. Mereka didampingi oleh dosen pembimbing Dandung Rudy H, ST, M.Eng.

“Alhamdulilah, tim kami berhasil menjadi juara di beberapa kategori. maka, kami dinobatkan sebagai juara umum,” kata Ketua Tim Mobil Listrik ITNY, Jenilton Da Conceicao Miguel di Bandung, Rabu (27/11/2019).

Jenilton menyampaikan terimakasih kepada kampus dan para sponsor yang telah membantu pendanaan dan support kepada tim mobil listrik Speeder S2-SAE ITNY.

“Kami juga ingin ikut berpartisipasi pada kompetisi mobil listrik tingkat internasional,” harap Jenilton

Rektor ITNY, Dr Ir H Ircham, M.T mengatakan, prestasi yang diraih oleh Tim Mobil Listrik ITNY ini merupakan prestasi langganan yang ditorehkan mahasiswa teknik Mesin dan Elektro ITNY.

“ITNY mendukung penuh upaya Tim Mobil Listrik Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) untuk mampu berkiprah di kompetisi Nasional maupun Internasional,” kata Ircham di ruang kerjanya.

ITNY selalu mensupport penuh sarana dan prasaran kepada Tim Mobil Listrik Speeder S2- SAE ITNY. Sehingga, para mahasiswa menjadi bersemangat untuk mengikuti kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Tak hanya berprestasi dalam berbagai kejuaraan di tingkat nasional, mobil listrik karya mahasiswa ITNY juga telah dipesan oleh berbagai instansi. Diantaranya, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo.

“ITNY senantiasa memberikan sarana dan prasarana untuk pengembangan mobil listrik sebagai bentuk pengejawantahan visi  ITNY untuk mencetak Technopreneur in Future Energy,” terang Ircham.

Dosen Jurusan Teknik Mesin ITNY, Dandung mengatakan, keunggulan mobil listrik ITNY dengan mobil listrik perguruan tinggi lain adalah penggunaan alat hasil riset tim speeder yang disebut Hyper Clock. Hiper Clock berfungsi menambah kecepatan motor melebihi kapasitas top speed motor yang digunakan.

Selain itu, teknologi ini juga menggunakan 2 buah motor high speed yang dilengkapi turbo booster. Ditambah lagi, ada 4 buah kapasitor untuk penstabil tegangan disaat terjadi drop tegangan pada accu.

“Tim mobil listrik Speeder S2-SAE ITNY mengikuti KMLI XI karena ingin berkontribusi pada pengembangan riset teknologi mobil listrik di Indonesia,” terang Dandung, dosen Jurusan Teknik Mesin ITNY ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES