Kesehatan

Pilihan Makanan Sehat yang Dianjurkan untuk Hipertiroid

Minggu, 15 Desember 2019 - 03:20 | 861.37k
Makanan Sehat. (FOTO: Istimewa)
Makanan Sehat. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHipertiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid dari yang dibutuhkan tubuh sehingga menimbulkan berbagai gejala tertentu. Selain menggunakan obat-obatan, ada berbagai makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita hipertiroid guna menjaga produksi hormon tiroid tetap dalam kondisi normal.

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita hipertiroid, dilansir dari Sehatq.com.

1. Makanan rendah yodium

Salah satu makanan yang dianjurkan penderita hipertiroid adalah jenis-jenis makanan rendah yodium. Yodium berperan penting dalam meningkatkan produksi kelenjar tiroid. Maka dari itu, penting untuk mengurangi makanan yodium tinggi bagi penderita hipertiroid.

Beberapa jenis makanan dan minuman rendah yodium yang dapat dikonsumsi guna menurunkan produksi kelenjar tiroid, di antaranya daging sapi, daging ayam, daging sapi, putih telur, kentang, madu, serta teh.

2. Sayur-sayuran dari famili Cruciferous

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa sayur-sayuran dari famili Cruciferous memiliki manfaat dalam menurunkan produksi hormon tiroid dan mengurangi penyerapan yodium oleh tiroid. Kedua efek positif tersebut sangat baik bagi para penderita hipertiroid.

Sayur-sayuran dari famili Cruciferous yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipertiroid, seperti bok choy, kubis, lobak, kembang kol, kale, asparagus, dan brokoli.  

3. Sumber makanan yang kaya akan selenium

Selenium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses metabolisme hormon tiroid. Mengonsumsi makanan tinggi selenium dapat membantu menyeimbangkan produksi hormon tiroid. Selain itu, selenium juga bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Berbagai jenis makanan tinggi selenium, misalnya udang, ikan tuna, daging sapi, daging kambing, daging ayam, daging ayam kalkun, jamur, telur, oatmeal, nasi, sereal, dan kacang panggang.

Edisi-Senin-16-Desember-2019-Hipertiroid.jpg

4. Sumber makanan yang mengandung zat besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang penting dalam proses metabolisme, termasuk untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Hal tersebut juga diperkuat oleh sebuah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi zat besi memiliki efek positif bagi penderita hipertiroid.

Orang-orang dengan hipertiroid bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup melalui jenis-jenis makanan, seperti ikan sarden, tiram, daging sapi, daging ayam, daging ayam kalkun, buncis, tahu, kacang merah, kacang hitam, kismis, hingga cokelat hitam.

5. Sumber makanan yang mengandung kalsium

Ada keterkaitan antara kondisi hipertiroid dengan penurunan kepadatan tulang yang dapat menimbulkan risiko osteoporosis. Oleh sebab itu, makanan tinggi kalsium sangat penting untuk mengatasi kondisi tersebut.

Makanan dan minuman tinggi kalsium yang baik untuk penderita hipertiroid adalah ikan sarden, brokoli, kale, bok choy, okra, tahu, keju, yogurt, es krim, dan susu.

6. Sumber makanan tinggi vitamin D

Orang dengan hipertiroid umumnya mengalami kekurangan asupan vitamin D di dalam tubuhnya. Karena itu, perbanyak konsumsi vitamin D melalui beberapa jenis makanan, seperti ikan tuna dan salmon, jamur, dan hati sapi.

7. Sumber makanan kaya zinc

Selanjutnya, makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita hipertiroid adalah kaya akan zinc. Jenis mineral satu ini dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tiroid. Sumber makanan kaya zinc, di antaranya daging sapi, daging domba, buncis, jamur, biji labu, kacang mete, dan bubuk kakao. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES