Politik

Rayakan HUT ke-15, Ini Jejak Mentereng Gerindra Situbondo

Senin, 06 Februari 2023 - 14:41 | 59.23k
Ketua DPC Partai Gerindra Situbondo, Hambali (FOTO: Antara)
Ketua DPC Partai Gerindra Situbondo, Hambali (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Partai Gerindra Situbondo, Jawa Timur, manargetkan perolehan 10 kursi di DPRD kabupaten setempat dalam Pemilu 2024. Meneruskan trend positif dalam dua pesta demokrasi terakhir.

Target itu disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Situbondo, Hambali kepada TIMES Indonesia di moment Hari Ulang Tahun atau HUT ke-15 partai Gerindra yang diperingati setiap 6 Februari.

"(Target, Red) Sembilan sampai sepuluh kursi di 2024," kata pria yang belum lama menjabat sebagai ketua DPC Gerindra Situbondo.

Dari catatan TIMES Indonesia, performa Gerindra Situbondo dalam dua pemilu terakhir cukup mentereng. Pada Pemilu 2014, parpol besutan Prabowo Subianto tersebut mengemas tiga kursi dari total 45 kursi di DPRD kabupaten setempat.

Perolehan kursi Gerindra di DPRD Kabupaten Situbondo melonjak dua kali lipat pada Pemilu 2019. Jika pada Pemilu 2014 hanya mendapat tiga kursi, kemudian naik menjadi enam kursi pada pesta demokrasi tahun 2019.

Dengan bekal enam kursi tersebut, parpol yang dalam Pemilu 2024 nanti memperoleh nomor urut 2 itu, berhak atas kursi pimpinan DPRD Situbondo.

Melihat jejak positif dalam dua Pemilu tersebut, rasanya bukan hal mustahil bagi Gerindra Situbondo untuk memperoleh 10 kursi pada Pemilu 2024. Apalagi dengan semangat berkobar dari pengurus baru.

Sebagai parpol yang baru tiga kali ikut pemilu dengan perolehan suara signifikan, Gerindra Situbondo cukup mewarnai dinamika di daerah. Termasuk Pilkada kabupaten setempat.

Pada Pilkada Situbondo 2015, Gerindra menjadi pengusung pasangan calon Abdul Hamid Wahid dan Fadil Muzakki Syah bersama PPP. Namun paslon ini gagal meraup suara mayoritas warga Situbondo.

Selanjutnya pada Pilkada Situbondo 2020, Gerindra menjadi pengusung pasangan calon Karna Suswandi dan Khoirani bersama PPP, Demokrat dan PDIP Situbondo.

Jika dalam Pilkada 2015 kalah, paslon yang diusung koalisi Gerindra, PPP, Demokrat dan PDIP Situbondo menang. Kali ini, Gerindra Situbondo menjadi bagian dari barisan pendukung pemerintah.

Diketahui, pucuk pimpinan DPC Partai Gerindra Situbondo, mendadak berganti menjelang Pemilu 2024. Posisi ketua partai yang dijabat Djaenur Ridho sejak 2016, diganti Hambali sejak November 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES