Peristiwa Daerah

Sedang Muat 5 Ton Air Tawar, Service Boat Karam Dihantam Ombak

Kamis, 08 Juni 2023 - 15:44 | 104.47k
Proses evakuasi tiga ABK dari service boat yang karam saat antarkan 5 ton air tawar di perairan Situbondo. (FOTO: Humas Polres Situbondo for TIMES Indonesia)
Proses evakuasi tiga ABK dari service boat yang karam saat antarkan 5 ton air tawar di perairan Situbondo. (FOTO: Humas Polres Situbondo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Hendak mengantarkan air tawar dan kebutuhan kapal lainnya, sebuah service boat dengan tiga orang ABK karam usai dihantam ombak besar di perairan Situbondo, Jawa Timur.

Kapal service boat yang ditumpangi oleh tiga ABK yaitu Ahmad Budiyono (30), Miswandi (50) dan Sukarsono (43) itu diketahui hendak mengirimkan air tawar serta peralatan pendukung lain ke kapal Pertamina yang biasa berlalu lalang di Pelabuhan Kalbut, Situbondo. 

Naas, saat hendak mengantarkan 5 ton air tawar PDAM dan peralatan lainnya, service boat yang ditumpangi Budiyono dan rekannya harus karam usai dihantam ombak besar. 

service-boat-2.jpg

Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menjelaskan kronologi karamnya service boat di perairan Situbondo itu. 

"Karamnya service boat berlokasi sekitar 2 mil sebelah utara Pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. Dari informasi yang kami peroleh, para korban sedang mengantarkan 5 ton air tawar," jelasnya, Kamis (8/6/23). 

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo itu menjelaskan, karamnya service boat tersebut diakibatkan oleh ombak besar dan angin kencang di perairan Kalbut, Situbondo. 

"Karena kondisi angin kencang dan hantaman ombak, muatan air jadi miring dan kapal tidak seimbang hingga akhirnya karam," sambungnya. 

Beruntung, tiga orang ABK yang sedang beroperasi tersebut berhasil melompat dan tidak ikut tenggelam bersama dengan service boat dengan muatan 5 ton air tawar itu. 

"Seluruh awak kapal melompat dan berlindung di salah satu Fender MT Manggala," jelas AKBP Dwi. 

Tidak lama berselang, tim gabungan SAR dan Satpolairud Situbondo datang menyelamatkan tiga ABK tersebut bersama dengan warga setempat usai peroleh laporan kejadian dari awak kapal setempat. 

Ditanya tentang korban jiwa kerugian dari kejadian tersebut, Dwi menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian karamnya service boat di perairan Kalbut, Situbondo itu. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Ketiga awak servis boat ditemukan dalam keadaan selamat dan sekarang sedang dirawat karena kedinginan. Untuk kerugian hanya materil kerusakan kapal dengan taksiran kurang lebih Rp 25 juta,“ pungkasnya soal  service boat karam di perairan Situbondo, Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES