Religi

Jelang Ramadan 2023, Ini 4 Manfaat Ajari Anak Berpuasa Sejak Dini

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:21 | 109.39k
Ilstrasi bulan ramadan.
Ilstrasi bulan ramadan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan 2023 kian dekat. Selama sebulan, umat Muslim diwajibkan berpuasa. Ada sejumlah hikmah menjalankan ibadah puasa sedari dini bagi anak-anak.

Berikut beberapa di antara hikmah berpuasa bagi anak sejak dini. Pembiasaan puasa Ramadan ini bisa mulai dilakukan pada bulan Ramadan 2023.

1. Melatih rasa empati

Jika dilakikan sejak dini, puasa bagi anak-anak dapat membentuk jiwa empati mereka. Sebab, saat mereka sedang berpuasa akan merasakan betapa beratnya menahan lapar dan dahaga, kendati misalnya, hanya sampai waktu setengah hari atau belum bisa penuh hingga Maghrib.

Pengalaman anak-anak ini akan mampu menumbuhkan rasa empati terhadap sesamanya yang selama ini hidup kekurangan atau membutuhkan bantuan.  Tetapi, dalam hal ini pembentukan rasa empati akan lebih berhasil jika mendapatkan pendampingan dan penjelasan dari guru maupun orang tua. Melatih membangkitkan rasa empati pada anak melalui puasa ini bisa dimulai sejak Ramadan 2023.

2. Pembiasaan ketaatan sejak dini

Mulai puasa sejak dini merupakan salah satu upaya untuk membentuk semangat ketaatan seorang anak kepada Allah SWT. Jika sudah dididik sejak dini, Insya Allah akan membentuk karakter takwa pada diri anak. Hal ini akan menjadi basis keimanan yang kuat untuk bekal menjadi manusia yang shalih dengan disiplin menjalani aturan-aturan syariat di kehidupan selanjutnya ketika sudah baligh. Ramadan 2023 bisa menjadi momentum awal, membangun ketaatan anak sejak dini kepada Allah SWT melalui puasa.

3.  Melatih kedisiplinan

Menjalankan puasa sejak usia dini juga mampu melatih kedisiplinan anak. Sebab, dengan berpuasa dia akan teratur bangun untuk sahur dan berbuka puasa jika sudah waktunya. Pola hidup yang konsisten ini jelas akan membentuk perilaku disiplin pada anak dan harapannya juga bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari yang lebih kompleks.

Sehingga, berpuasa sejak dini bagi anak kecil,  sebelum balgih, penting untuk membentuk karakter anak. Saat masih latihan, puasa anak-anak tidak harus penuh dari terbit fajar sampai matahari terbenam. Bisa setengah hari atau dengan durasi yang lebih singkat sesuai dengan kemampuan anak. Tentu, untuk melatih karakter disiplin ini, bisa dimulai sejak Ramadan 2023.

4. Melatih mental

Mulai mengajarkan dan mengajak anak  berpuasa sedari dini, bagi anak-anak juga bisa membuat emosi dalam dirinya lebih stabil. Sekadar diketahui, dari banyak referensi, emosi orang yang berpuasa lebih stabil dibanding saat tidak sedang berpuasa. Hal ini tentu akan mempercepat pendewasaan mental anak, jika mulai dibiasakan dengan berpuasa, dan baik jika segera dimulai, misalnya pada Ramadan 2023.

Empat hikmah tersebut di atas, hanya sedikit dari sekin banyak manfaat melatih puasa sejak anak-anak. Ramadan 2023 dapat menjadi momentum untuk memulai mengajarkan anak berpuasa sejak dini dan mendapatkan hikmahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES