Religi

Menjelang Ramadan 2023, Yuk Cek Hukum Mandi Sebelum Masuk Bulan Puasa

Rabu, 01 Maret 2023 - 12:02 | 31.69k
Ilustrasi. (Desain: Dena/TIMES Indonesia)
Ilustrasi. (Desain: Dena/TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang bulan puasa, biasanya muncul imbauan-imbauan yang sifatnya ritual. Salah satunya, ritual kebiasaan mandi besar sebelum masuk bulan suci Ramadan. Tak terkecuali menjelang Ramadan 2023.

Hal ini rawan disalahpahami bagi orang awam bahwa mandi wajib menjadi salah satu syarat atau rukun puasa. Sehingga, kalau tidak mandi wajib itu, maka puasa tidak sah. 

Perlu diketahui, mandi wajib bukan merupakan keharusan menjelang bulan Ramadan. Sebab, mandi wajib hanya diharuskan bagi orang berhadats besar yang hendak melakukan ibadah yang memang disyaratkan demikian, seperti shalat lima waktu dan tawaf, sedangkan puasa tidak termasuk. Pengertian ini, penting menjelang Ramadan 2023.

Bahkan, orang yang malamnya memiliki hadats seperti karena mimpi basah atau telah melakukan hubungan suami istri, jika dia belum sempat mandi wajib sebelum waktu imsak, puasanya di siang hari tetap sah, selama syarat dan rukunnya terpenuhi

Dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah (16/55) dijelaskan yang artinya, “Orang yang memiliki hadats junub (hadats besar), sah melaksanakan puasa meski dia belum sempat mandi besar sampai pagi puasa. Siti ‘Aisyah dan Ummu Salamah pernah berkata, ‘Kami melihat Nabi Muhammad SAW pagi-pagi masih memilki hadats junub yang bukan karena mimpi basah, lalu beliau mandi besar dan tetap melaksanakan puasa.”  

Memang, saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tapi bukan mandi wajib, melainkan mandi sunnah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa. Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) dijelaskan yang artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,..... dan setiap malam di bulan Ramadan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.” 

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada keharusan untuk mandi wajib menjelang bulan Ramadan karena bukan termasuk syarat atau rukun. Yang ada hanya mandi sunnah, itu pun berlaku pada setiap malam bulan Ramadan. Pengetahuan ini penting bagi kaum Muslim menjelang Ramadan 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES