Religi

Menjelang Ramadan 2023, Ini 7 Tips Melatih Anak Agar Kuat Berpuasa

Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:11 | 64.55k
Ilustrasi berpuasa di bulan ramadan. (Foto: TIMES Indonesia)
Ilustrasi berpuasa di bulan ramadan. (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di bulan Ramadan, suasana hubungan dalam satu keluarga biasanya begitu hangat dan erat. Karena akan banyak momentum kebersamaan yang terjalin. Mulai saat buka puasa, shalat tarawih hingga waktu sahur. Hangatnya suasana tersebut menjadi ajang mencurahkan kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya. Termasuk,  kesempatan untuk melatih anak-anak berpuasa di bulan suci. Jelang Ramadan 2023, persiapkan diri untuk mengajari, mendidik dan mengajak anak-anak belajar berpuasa.

Meski mereka, anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa sebelum baligh, tidak ada salahnya dipersiapkan  sejak dini untuk menjalankan salah satu rukun Islam tersebut. Menjelang Tamadan 2023, berikut beberapa tips yang dapat dijadikan panduan untuk membantu membuat perjalanan puasa sang buah hati menjadi lebih menyenangkan.

1. Ajari dengan Memberi Contoh

Ini tips penting yakni dengan memberi contoh kepada anak. Karena, orang tua adalah teladan terbaik bagi anak. Anak-anak akan melakukan apa yang dilakukan,l orang tuanya. Sebagaimana dengan jika dicontohkan berpuasa. Anak juga akan merasa hebat jika bisa berpuasa seperti yang ayah dan ibu mereka contohkan atau lakukan. Yuks persiapkan Ramadan 2023 mengajak anak-anak mulai berpuasa dengan memberi keteladanan.

2. Latih Anak Perlahan dan Berkala

Coba mulai mengenalkan anak untuk menahan nafsu makan dan dahaganya sesuai kemampuan. Anda dapat memperkenalkan anak-anak dengan istilah berpuasa setengah hari. Jika anak dinilai telah memiliki kemampuan untuk melewatinya, durasi berpuasa dapat mulai ditingkatkan secara bertahap. Dan, akan baik juga jika anak mulai diajak untuk sahur bersama sehingga memiliki semangat untuk memulai berpuasa. Semoga Ramadan 2023 sudah bisa dimulai mengajarkan anak mulai berpuasa.

3. Siapkan Menu Sahur dan Buka yang Bergizi dan Menarik

Gizi seimbang penting untuk menemani anak berpuasa. Karena anak-anak masih aktif dalam menjalani harinya. Maka agar mereka tetap bugar selama berpuasa, diperlukan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Orang tua dapat menyajikan hidangan dan makanan ringan yang seimbang dan bergizi di waktu sahur dan  berbuka. Menjelang Ramadan 2023, menu-menu makan sahur dan berbuka bisa mulai dikoleksi orang tua agar variatif dan menarik bagi anak-anak, tentu dengan gizi seimbang. Misalnya, kurangi asupan makanan asin dan manis pada waktu sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus dan rasa lapar anak sepanjang hari. Makanan yang tinggi serat dan protein baik untuk membuat mereka kenyang selama seharian berpuasa.

4. Beri Anak Apresiasi

Memberi apresiasi kepada anak saat dia berhasil menyelesaikan puasanya, penting dilakukan. Misalnya dengan membuat kalender warna warni, lalu setelah selesai berpuasa, letakkan bintang emas atau stiker dan kata-kata penyemangat di tanggal tersebut. Hal ini dapat memberi mereka rasa bangga kepada anak dan mendorong mereka untuk melakukannya lagi. Ramadan 2023 adalah momentum yang tepat, mengajak anak memulai berpuasa di bulan suci.

5. Beri Motivasi dan Dukungan pada Anak

Arahkan anak pada tujuan berpuasa, dengan bahasa yang sederhana saja. Motivasi mereka, untuk mencapai tujuan itu, sehingga anak-anak akan semangat. Dan setelah anak mampu menyelesaikan puasanya, tak ada salahnya orang tua  memberikan pernghargaan. Tak harus mahal, orang tua bisa memberikan es krim atau menuruti permintaan makanan favorit si kecil lainnya di akhir pekan. Hal tersebut pasti akan memacu semangat kembali berpuasa.

6. Beraktivitaslah Bersama

Bulan puasa, Ramadan 2023 misalnya, menjadi momentum hangatnya hubungan dalam kekuarga. Manfaatkan untuk mengajak anak-anak ikut membantu menyiapkan sahur dan buka puasa misalnya. Seperti diajak mengatur meja, menyiapkan menu dan lainnya. Juga, bisa bersama keluarga menyalurkan sedekah, sekaligus memberi pelajaran pentingnya berbagi kepada sesama di bulan suci.

7. Kenalkan Anak pada Makna Puasa

Anak perlu mulai mendapatkan ilmu dan pemahaman tentang Ramadan, arti pentingnya bagi umat Islam dan mengapa harus melaksanakan ibadah puasa. Orang tua, juga bisa mengajari dan membantu anak-anak menghafal doa berbuka puasa, niat berpuasa dan lainnya. Selain itu, ajak anak pada kegiatan positif di bulan suci, seperti shalat tarawih, membaca Alquran dan lainnya. 

Mengenalkan kepada anak sedini mungkin untuk menjalankan kewajiban dalam agama, itu penting. Tapi, jangan lupa tetap memperhatikan kemampuan anak dalam berpuasa. Ramadan 2023, menjadi momentum penting mengajak anak mulai menjalankan ibadah puasa di bulan suci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES