Religi

Wajib Diketahui, Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 04:25 | 60.63k
Ilustrasi - Berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan bentuk rasa syukur kita dan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat makanan. (Foto:  Pexels.com/Monstera)
Ilustrasi - Berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan bentuk rasa syukur kita dan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat makanan. (Foto: Pexels.com/Monstera)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam setiap kegiatan sehari-hari kita dianjurkan untuk berdoa, agar dimudahkan segala urusan dan mendapat keberkahan. Termasuk doa sebelum dan sesudah makan.

Dengan berdoa, umat Islam diharapkan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat makanan. Selain itu, berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Islam juga mengajarkan tentang tata cara makan yang baik dan benar, seperti makan menggunakan tangan kanan, dan duduk ketika makan.

Membaca doa sebelum dan sesudah makan menjadi salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW. Melafadzkan doa  sebelum dan sesudah makan merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita sebagai umat muslim dan kepada Allah SWT.

Makanan termasuk salah satu rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-NYA. Rezeki bukan hanya berupa materi yang berbentuk uang atau jabatan, tetapi masih bisa menikmati makanan sampai saat ini juga termasuk bagian dari rezeki. Oleh karena itu, sepatutnya disyukuri. Salah satu bentuk rasa syukur adalah dengan cara berdoa, baik sebelum maupun sesudahnya. 

Untuk itu, dianjurkan membaca doa sebelum dan sesudah makan, seperti dalam firman Allah SWT yang tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 172:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah." (Al-Baqarah: 172).

Membaca doa sebelum dan sesudah makan juga mendapatkan pahala dan keberkahan dari makanan yang kita konsumsi. Bahkan Membaca doa sebelum makan dan setelah makan juga akan menjauhkan kita dari godaan setan.

Seperti dalam hadist shohih muslim dari Rasulullah SAW:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَسْتَحِلٌّ الطَّعَامَ، إِلاَّ يُذْكَرَ اسْمَ اللهِ عَلَيْهِ

Artinya:
"Sesungguhnya setan mendapatkan bagian makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya." (HR. Muslim)

Berikut bacaan doa sebelum dan sesudah makan beserta artinya, agar mendapat pahala serta diberikan keberkahan atas makanan yang dikonsumsi.

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar.

Artinya:
"Ya Allah berikanlah keberkahan apa yang telah engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Membaca doa makan dan setelah makan dapat mendapat keberkahan dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْن

Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang memberikan makan dan minum kepada kami. Dan Menjadikan kami orang Islam.”

Demikan doa sebelum dan sesudah makan. Semoga mendapat keberkahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES