Religi

Malam Pertama Ramadan: Dosa Terhapus, Pahala Berlimpah

Senin, 11 Maret 2024 - 23:08 | 13.01k
Ilustrasi - Shalat Tarawih (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Shalat Tarawih (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan, bulan penuh berkah dan ampunan, telah tiba. Di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondong meningkatkan amalan ibadahnya, salah satunya dengan melaksanakan shalat Tarawih.

Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari di bulan Ramadan. Hukumnya sunnah muakad, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Selain pahala yang berlipat ganda, shalat Tarawih juga memiliki banyak keutamaan di setiap malamnya.

Pada malam pertama Ramadan, keutamaan shalat Tarawih begitu istimewa. Di malam ini, dosa-dosa orang yang melaksanakannya diampuni oleh Allah SWT, bagaikan bayi yang baru lahir dari rahim ibunya.

Seperti dijelaskan dalam kitab Durratun Nashihin, "يَخْرُجُ الْمُؤْمِنُ مِنْ ذَنْبِهِ فِى اَوَّلِ لَيْلَةٍ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ" yang artinya, "Pada malam pertama, dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) akan keluar seperti ketika ibunya melahirkan ia ke dunia."

Keutamaan ini menjadi motivasi bagi umat Islam untuk berbondong-bondong melaksanakan shalat Tarawih di malam pertama Ramadan. Masjid-masjid pun ramai dengan jamaah yang ingin meraih ampunan dan limpahan rahmat Allah SWT.

Malam Pertama Ramadan: Kesempatan Menghapus Dosa

Salah satu pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, KH Luqman Harits Dimyathi menjelaskan bahwa malam pertama Ramadan merupakan momen istimewa untuk menghapus dosa.

"Malam pertama Ramadan adalah kesempatan emas bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari dosa. Dengan melaksanakan shalat Tarawih, dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT," terangnya.

KH Luqman menambahkan, selain shalat Tarawih, ada beberapa amalan lain yang dapat dilakukan di malam pertama Ramadan untuk meraih ampunan Allah SWT, seperti membaca Alquran, memperbanyak istighfar, shalawat, bersedekah serta melakukan doa dan zikir

Selain itu, Shalat Tarawih berjamaah di masjid tidak hanya memberikan pahala yang berlipat ganda, tetapi juga menebar semangat kebersamaan di bulan Ramadan. Umat Islam dari berbagai kalangan berkumpul, bahu membahu, dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Momen ini menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama Muslim. Semangat kebersamaan ini diharapkan dapat terus terjaga throughout Ramadan dan seterusnya.

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Mari kita sambut bulan ini dengan penuh khusyuk dan semangat ibadah.

Salah satu cara untuk menyambutnya adalah dengan melaksanakan shalat Tarawih di malam pertama Ramadan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES