Religi TIMES Ramadan

Didukung Penuh Pj Wali Kota, Safari Ramadan PCNU Kota Malang Resmi Dibuka

Selasa, 12 Maret 2024 - 21:32 | 8.98k
Pj Walikota Malang Wahyu Hidayat dan Ketua PCNU Kota Malang Dr KH Israqunnajah dalam pembukaan Safari Ramadan Kota Malang
Pj Walikota Malang Wahyu Hidayat dan Ketua PCNU Kota Malang Dr KH Israqunnajah dalam pembukaan Safari Ramadan Kota Malang
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, MALANG – dir="ltr">Di tengah dentang waktu yang merayakan kedatangan bulan suci Ramadan, PCNU Kota Malang mengukir pahatan spiritual dengan membuka Safari dan Pencerahan Ramadhan 1445 H. Pembukaan dilaksanakan di Hall Hasyim Asy'ari Lantai 3 Kantor PCNU Kota Malang, Jl. Hasyim Ashari 21, Kota Malang, Selasa (12/3/2024) malam.

Hadir dalam pembukaan itu Pj Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dan sejumlah kepala OPD, lurah, dan camat. Sedang dari jajaran PCNU hadir pengurus syuriah dan tanfidziyah serta pengurus lembaga dan Banom. Ratusan perwakilan MWC dan ranting juga khusyuk mengikuti pembukaan yang didahului Shalat Isyak dan Tarawih berjamaah ini.

Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM., yang memegang tongkat estafet sebagai Pj. Wali Kota Malang, menyampaikan apresiasi dan  yang tak terhingga atas inisiatif mulia dari PCNU Kota Malang. Menurutnya, rangkaian kegiatan Safari Ramadan ini adalah manifestasi dari visi pemerintah kota dalam meningkatkan kualitas kehidupan umat.

"Program ini tidak sekadar menjadi tempat sujud dan doa, melainkan juga sebagai ladang menghimpun aspirasi dan memberikan pelayanan yang mencerminkan nilai-nilai keislaman yang autentik. Ini sesuai dengan visi Pemkot Malang," ujarnya.

Dalam rangkaian acara yang sarat makna itu, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag, ketua PCNU Kota Malang, menyampaikan pesan yang menggugah tentang peran strategis masjid dalam menopang kehidupan spiritual dan sosial masyarakat. WR IV UIN Malang ini mengaitkannya dengan ajaran Rasulullah saw., bahwa masjid bukan sekadar rumah ibadah, namun juga sebagai pusat pemberdayaan umat.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan pembagian santunan kepada yatim piatu dan dhuafa, sebuah tradisi yang mengingatkan akan esensi berbagi dan peduli dalam bulan Ramadan. Dengan program-program yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan praktik keislaman, seperti Tadarus Al-Qur'an dan pengkajian hadis, PCNU Kota Malang berkeinginan untuk membina ukhuwah Islamiyyah dan wathoniyah, serta memperkuat fondasi keimanan dan keilmuan di kalangan umat.

Antusiasme warga nahdliyyin Kota Malang terhadap kegiatan ini bukanlah tanpa alasan. Acara Safari dan Pencerahan Ramadhan ini menawarkan sebuah oasis rohani di tengah padang pasir kehidupan modern yang gersang. Diharapkan, kegiatan ini akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai keislaman, serta menjadi titik awal untuk introspeksi diri dan perbaikan sosial.

Puncak perhelatan Safari dan Pencerahan Ramadhan 1445 H akan berlangsung pada 3 April 2024 di Masjid Cahyaningati Perum Permata Jingga, Malang. Acara ini terbuka bagi seluruh elemen masyarakat, mengajak mereka untuk bersama-sama mengejar keberkahan Ramadhan, merasakan kedamaian hati, dan mengisi jiwa dengan kebajikan.

Melalui rangkaian acara yang melibatkan kerja sama antara pemerintah kota dan PCNU Kota Malang, Safari dan Pencerahan Ramadhan diharapkan menjadi lebih dari sekadar pertemuan. Ini adalah perjalanan membina spiritual yang mengundang setiap jiwa untuk merenungi makna kehidupan, memperdalam iman, dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES