Religi

Idul Fitri Sebentar Lagi Tiba, Ini Bacaan Doa Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Selasa, 09 April 2024 - 23:16 | 78.75k
Ilustrasi Idul Fitri.
Ilustrasi Idul Fitri.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemeriahan Idul Fitri sebentar lagi tiba. Persiapan telah dimulai, mulai dari mempersiapkan pakaian baru, hidangan Lebaran, hingga THR bagi keluarga tersayang.

Momen kemenangan ini sangat dinantikan, terutama bagi yang bisa berkumpul dengan keluarga tercinta, membuat suasana semakin berarti dan meriah.

Namun, di tengah kegiatan menyenangkan itu, jangan lupakan doa. Merayakan Idul Fitri juga berarti menghafalkan doa yang memiliki makna baik, seperti yang disarankan oleh berbagai sumber. Doa ini tidak hanya menjadi tradisi, tetapi juga dicontohkan oleh sahabat Nabi, seperti yang tercatat dalam kitab Fathul Bari Juz II Halaman 446.

Dalam kitab itu, Ibnu Hajar Al Asqalani (pengarang kitab Fathul Bari) menyampaikan,"Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: "Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya”.

Inilah doa menyambut Hari Raya Idul Fitri lengkap teks arab, latin, dan artinya.

1. Doa Menyambut Hari Raya Idul Fitri :

تَقَبَّلَ اللهُ مِنَا وَمِنْك

Latin: “Taqabbalallahu minnaa wa minka.”

Terjemahan: "Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian."

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

“Taqobalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.”

Artinya: Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia.

2. Doa Menyambut Hari Raya idul Fitri:

تَقَبَّلَ اللهُ مِنَا وَمِنْكُمْ. جَعَلَنَا الله وَإِ يَّاكَ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ كُلُّ عَامٍّ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ.

Latin: “Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Segala sesuatu yang disampaikan dengan baik, maka akan mendapatkan yang baik pula. Membaca doa dalam berbagai kesempatan akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan fokus dalam menjalani berbagai aktivitas.

Kekuatan doa memberikan keyakinan dan rasa syukur kepada Allah, menjadikan seseorang lebih tenang dan percaya bahwa akan selalu dilindungi-Nya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES