Religi TIMES Ramadan

Sempurnakan Ibadah Puasa Anda dengan Zakat Fitrah di Penghujung Ramadan

Selasa, 09 April 2024 - 11:45 | 16.14k
Ilustrasi zakat fitrah. (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi zakat fitrah. (FOTO: Shutterstock)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan dan mempererat tali silaturahmi. Salah satu amalan penting di bulan Ramadhan adalah menunaikan zakat fitrah

Zakat fitrah bukan hanya kewajiban, tetapi ternyata memiliki makna yang mendalam. Di balik kewajiban ini, terkandung hikmah dan manfaat yang luar biasa, baik bagi individu maupun masyarakat.

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai penyucian bagi orang yang berpuasa dari ucapan sia-sia dan ucapan keji yang terlontar di tengah ibadah puasa. Zakat fitri menjadi penambal (penyempurna dan penggenap) kekurangan ibadah puasa sebagaimana sujud sahwi yang menggenapi kekurangan ibadah shalat.

Di sisi lain, zakat fitrah juga menjadi penggenap kebutuhan orang miskin dari tindakan mengemis di samping syiar untuk mereka atas kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri, kegembiraan, kemuliaan Islam, kehormatan semangat kebersamaan dan rasa kemanusiaan, yang menyenangkan dan suka cita.

Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki dalam kitab Ibanatul Ahkam (Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H), cetakan pertama, juz II, halaman 249) menjelaskan, 

 فرض الرسول زكاة الفطر من صوم رمضان طهرة من اللغو والفحش الذي يقع منه أثناء الصوم فهي جابرة للخلل الواقع في الصيام كما يجبر سجود السهو الخلل الواقع في الصلاة وأنها في ذلك اليوم غنى للفقراء عن السؤال وإشعار لهم بسرور العيد والسعادة والعزة الإسلامية وكرامة الإجتماع والشعور بالإنسانية والهناء والحبور. 

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai penyucian bagi orang yang berpuasa dari ucapan sia-sia dan ucapan keji yang terlontar di tengah ibadah puasa. la menjadi penambal (penyempurna dan penggenap) kekurangan ibadah puasa sebagaimana sujud sahwi yang menggenapi kekurangan ibadah shalat. la juga menjadi penggenap kebutuhan orang miskin dari tindakan mengemis di samping syiar untuk mereka atas kebahagiaan hari Id, kegembiraan, kemuliaan Islam, kehormatan semangat kebersamaan dan rasa kemanusiaan, yang menyenangkan dan suka cita". 

Zakat fitrah menjadi simbol kepedulian sosial dan rasa kasih sayang terhadap sesama yang memperkuat rasa ukhuwah dan persaudaraan di antara umat Islam

Selain itu, zakat fitrah Memberikan kebahagiaan dan keceriaan bagi fakir miskin di momen Idul Fitri

Mari tunaikan zakat fitrah dengan penuh keikhlasan dan rasa syukur, agar ibadah Ramadhan kita semakin sempurna dan kebahagiaan Idul Fitri semakin terasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES