Tekno

Jangan Takut Tertipu, Apple Kini Punya Tim Khusus Razia Barang KW di Medsos

Jumat, 26 Maret 2021 - 03:16 | 81.98k
Logo Apple. (FOTO: Pinterest)
Logo Apple. (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aksesoris milik Apple memang sejak dulu dikenal tidak murah. Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang membuat barang yang sama atau tiruan merek ternama tersebut, biasa disebut Barang KW.

Dilansir dari DetikInet, Apple mengatakan telah bekerja sama dengan penegak hukum, penjual, juga e-commerce agar seluruh akun yang menjual produk palsu dari Apple untuk dihapus.

Sebelumnya Tim tesrebut telah berhasil menghapus lebih dari satu juta produk palsu dari Apple baik di Facebook juga Instagram.

Dikutip dari Business Insider, seorang juru bicara Apple mengatakan jika keamanan pelanggan merupakan prioritas utamanya. Dengan begitu mereka benar-benar akan menindak dengan sangat serius terkait produk palsu Apple menyebar.

Asal mula ditemukannya tim khusus ini adalah, ketika seorang peneliti siber, Andrea  Stroppa yang meminjam charger Iphone milik temannya namun meledak saat digunakan. Konon diketahui jika charger tersebut didapatkannya melalui Instagram.

Ternyata laporan ini menghasilkan maraknya penjual produk Apple di Instagram yang belum terverifikasi alias KW. Dengan pengalaman tersebut, barang palsu atau KW tidak melulu berbahaya karena merusak citra brand tersebut melainkan juga menimbulkan ketidaknyamanan pada pengguna.

Untuk beberapa kasus yang jarang terekspose di Indonesia, barang KW lainnya selain Apple baru ditemukan cacatnya setelah durasi waktu pemakaian dalam jangka panjang. Salah satu contohnya adalah banyak sekali penjual produk Airpods dengan harga jauh lebih murah.

Mungkin akan tidak masalah jika digunakan untuk waktu yang sebentar kurang lebih satu hingga dua bulan. Akan tetapi tidak jarang juga yang mengalami kerusakan seperti speaker mati, Airpods hanya menyala sebelah, belum lagi keluhan lainnya.

Sementara untuk kasus yang berbahaya seperti charger yang meledak yang telah dijelaskan tadi. Hal ini kemungkinan charger tersebut bukan charger original dan didesain tidak sesuai dengan kapasitasnya. Barang KW inilah yang kemudian dirazia tim Apple dari media sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES