Tekno

Nikon Akan Hentikan Produksi Bodi Kamera di Jepang, Ini Alasannya

Kamis, 10 Juni 2021 - 01:35 | 65.04k
Nikon D6 yang telah dirilis rincian DSLR sebagai andalan terbarunya. Kamera ini yang akan dipertahankan untuk konsumsi dalam negeri Jepang sendiri. (FOTO: Nikon)
Nikon D6 yang telah dirilis rincian DSLR sebagai andalan terbarunya. Kamera ini yang akan dipertahankan untuk konsumsi dalam negeri Jepang sendiri. (FOTO: Nikon)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Raksasa kamera Nikon Corp akan mengakhiri memproduksi bodi kameranya di Jepang akhir tahun ini. Menurut pejabatnya, ini karena pasar kamera digital semakin berkurang sementara fungsi foto smartphone terus meningkat.

Dilansir Japan Today, sebagai bagian dari reformasi strukturalnya, raksasa kamera ini akan mentransfer produksi tersebut dari pabriknya di Natori, Prefektur Miyagi, satu-satunya tempat pembuatan kamera domestik, ke pabrik besarnya di Thailand.

Nikon-2.jpg

"Tingkat kualitas produk kami dapat dipertahankan meskipun dibuat di luar negeri," kata seorang pejabat perusahaan.

Nikon telah memimpin industri kamera dengan Canon Inc sejak meluncurkan kamera pertamanya pada tahun 1948.

Namun perusahaan tersebut telah menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam beberapa tahun terakhir, mencatat kerugian bersih grup terbesarnya sebesar 34,4 miliar yen ($314 juta) pada tahun fiskal terakhir yang berakhir Maret.

Nikon-3.jpg

Di dalam negeri, Nikon hanya memproduksi model D6, kamera digital refleks lensa tunggal yang dikenal sebagai model teratas yang menargetkan fotografer profesional, di pabriknya di Natori.

Perusahaan akan mempertahankan pekerjaan di pabrik dengan melanjutkan produksi beberapa bagian kamera dan mendistribusikan pekerja ke sektor pertumbuhan seperti perawatan kesehatan dan sensor.

Nikon juga berencana untuk menutup dua pabrik di prefektur Yamagata dan Fukushima, keduanya di timur laut Jepang, tempat pemrosesan suku cadang lensa yang dapat dilepas untuk kamera digital berlangsung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES