Tekno

NASA Terus Berusaha Menemukan Desain Mesin Cuci untuk Luar Angkasa

Jumat, 30 Juli 2021 - 08:10 | 24.65k
Astronot Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang, Koichi Wakata berlatih di treadmill stasiun luar angkasa. (FOTO: NASA)
Astronot Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang, Koichi Wakata berlatih di treadmill stasiun luar angkasa. (FOTO: NASA)

TIMESINDONESIA, JAKARTANASA, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, mengajak para mahasiswa yang magang di musim panas untuk mencari cara dan memecahkan masalah teknologi mesin cuci di luar angkasa.

Dilansir NASA, belum ada cucian di luar angkasa. Selama ini para astronot hanya membawa dua koper kecil berisi pakaian di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Advertisement

Terkadang mereka mengenakan celana dalam yang sama hingga satu minggu. Pakaian bekas itu tidak dicuci, tetapi langsung dimasukkan ke dalam kapal pembakaran di atmosfir.

Para mahasiswa mencari cara yang mungkin bisa untuk memecahkan masalah teknologi luar angkasa itu mulai 25 Juni hingga 1 Juli lalu.

Menurut koordinator magang Eric Hayes, ini adalah tantangan desain para magang ketiga yang diselenggarakan oleh Glenn NASA.

Ide mesin cuci ini telah ditingkatkan dari sebelumnya, tantangan sederhana bagi para siswa sekolah menengah. NASA kemungkinan akan memperluas tantangan ke lebih banyak mahasiswa di masa mendatang.

Konsultan tantangan dan ahli fisika fluida NASA, Nancy Hall mengatakan, ide para mahasiswa itu bisa menjadi dasar untuk desain mesin cuci masa depan yang berpotensi diluncurkan ke luar angkasa.

"Siswa sangat kreatif," kata Hall. "Mereka tidak melihat batasan yang kita lihat," ujarnya

Hayes mengatakan kepada peserta bahwa NASA terkesan dengan pekerjaan mereka. "Jika anda mengambil alih banyak kursi di NASA suatu hari nanti, saya akan merasa nyaman dengan tempat kita mendarat," kata Hayes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES