Tekno

Sempat Down, Facebook, Instagram, WhatsApp Sudah Terhubung Kembali

Selasa, 05 Oktober 2021 - 07:30 | 47.43k
Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp melaporkan adanya gangguan sejak Senin (4/10/2021) malam. Namun, saat ini sudah bisa terhubung kembali sebagian ke internet global pada Selasa pagi (5/10/2021) pagi. (foto: scotman)
Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp melaporkan adanya gangguan sejak Senin (4/10/2021) malam. Namun, saat ini sudah bisa terhubung kembali sebagian ke internet global pada Selasa pagi (5/10/2021) pagi. (foto: scotman)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp melaporkan adanya gangguan sejak Senin (4/10/2021) malam. Namun, saat ini sudah bisa terhubung kembali sebagian ke internet global pada Selasa pagi (5/10/2021) pagi.

Facebook dan aplikasi WhatsApp dan Instagram-nya mengalami gangguan dalam enam jam. Gangguan ini adalah pukulan kedua bagi raksasa media sosial itu dalam beberapa hari setelah seorang pelapor pada Minggu (3/10/2021) menuduh perusahaan itu berulang kali memprioritaskan keuntungan daripada menekan ujaran kebencian dan informasi yang salah.

Saham Facebook, yang memiliki hampir 2 miliar pengguna aktif harian, anjlok 4,9 persen pada Senin (4/10/2021), di tengah aksi jual yang lebih luas dalam saham teknologi.

Pakar keamanan mengatakan gangguan itu bisa jadi merupakan akibat dari kesalahan internal, meskipun sabotase oleh orang dalam secara teoritis mungkin terjadi.

"Facebook pada dasarnya mengunci kunci-kuncinya di dalam mobilnya," cuit Jonathan Zittrain, direktur Harvard Berkman Klein Center for Internet & Society.

Segera setelah pemadaman, Facebook mengakui pengguna mengalami kesulitan mengakses aplikasinya tetapi tidak memberikan secara spesifik tentang sifat masalahnya atau mengatakan berapa banyak pengguna yang terpengaruh oleh pemadaman tersebut.

Tim teknisi Facebook meminta maaf saat aplikasi mulai kembali terhubung.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf," cuit tim tersebut pada Senin (4/10/2021).

“Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali terhubung sekarang. Terima kasih telah menemani kami.” (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES