Tekno

Naikkan Tingkat Keterlibatan Anda di TikTok dengan Panduan Ini

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 05:12 | 113.38k
Ilustrasi - Penggunaan Tiktok. (FOTO: Popularitas.com)
Ilustrasi - Penggunaan Tiktok. (FOTO: Popularitas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Apakah Anda masih bingung harus menggunakan TikTok atau tidak? Saatnya untuk mempercepat keputusan itu dan mulai menggunakan platform asal China tersebut.

TikTok semakin populer dengan semakin banyak bisnis dan pengusaha yang memanfaatkannya. Dibandingkan dengan platform populer lainnya seperti Instagram dan Facebook, TikTok adalah platform baru yang tidak terlalu jenuh.

TikTok hadir dengan audiens yang lebih muda, jadi jika Anda ingin menargetkan wanita berusia 65 tahun ke atas, maka TikTok bukanlah platform untuk Anda. Namun, jika target audiens Anda adalah milenial, generasi muda dan Gen Z, menginvestasikan waktu Anda di aplikasi TikTok adalah ide bagus.

Mendapatkan traffic dan menjangkau audiens yang besar jauh lebih mudah di TikTok karena jumlah konten TikTok yang dihasilkan masih relatif rendah.

Sama seperti platform lain, tingkat keterlibatan sangat penting di Tiktok. Jadi, semakin banyak pengguna yang menonton, berkomentar, dan menyukai konten video Anda, semakin banyak orang yang dapat melihatnya.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana Anda dapat meningkatkan tingkat keterlibatan Anda dengan TikTok. Jadi, mari kita mulai.

1. Video Berkualitas Tinggi

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, Anda harus menyertakan TikTok dalam strategi pemasaran Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Video viral di TikTok memiliki satu kesamaan – video berkualitas tinggi. Saat memposting video di platform, posting video berkualitas tinggi untuk meningkatkan kemungkinan orang melihat video. Sebagian besar ponsel cerdas saat ini hadir dengan kamera yang bagus sehingga Anda dapat merekam video berkualitas tinggi hanya dengan ponsel Anda.

Untuk membuat video Anda berkualitas tinggi, pastikan Anda juga memperhatikan suara dan pencahayaan. Jika Anda tidak mendapatkan cahaya matahari yang tepat dan lebih suka syuting di malam hari, berinvestasi dalam cincin cahaya atau softbox akan mengubah produksi video Anda.

2. Gunakan Perangkat Lunak Pengeditan Video

Ya, ini sangat penting jika Anda ingin membuat video Anda menarik. Menggunakan perangkat lunak pengeditan video adalah kunci jika Anda ingin membuat video profesional. Ada banyak perangkat lunak pengeditan video online gratis yang tersedia dengan berbagai fitur yang dapat digunakan siapa saja untuk membuat video yang menarik.

Sebagai contoh, InVideo adalah berbasis web yang editor video platform digunakan pada Windows dan Mac. Ini membantu orang membuat konten video yang luar biasa dalam waktu kurang dari sepuluh menit. Perangkat lunak ini cepat, mudah, dan terjangkau serta dilengkapi dengan lebih dari 5000 template yang dapat Anda sesuaikan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan video Anda.

Anda dapat dengan mudah mengedit teks, visual, menambahkan efek dan juga mengimpor barang-barang Anda tanpa kerumitan. Jika Anda baru dalam mengedit, perangkat lunak ini memiliki banyak tutorial untuk membantu Anda mengedit video dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan voice-over atau menggunakan teknologi text-to-speech bawaan alat ini untuk membuat video yang luar biasa untuk TikTok, termasuk semua platform media sosial Anda yang lain.  

3. Be Real – Hanya Posting Video Asli

Ketika berbicara tentang video TikTok, Anda harus fokus untuk memposting konten asli dan asli. Orang-orang menyukai konten yang alami jika dibandingkan dengan konten skrip. Jika video memiliki tingkat keterlibatan yang lebih rendah, video tersebut tidak akan bertahan lama. Tidak semua pengguna TikTok tertarik dengan video lucu atau lip-sync, jadi cobalah untuk memiliki berbagai konten berbeda yang berharga dan unik. Anda harus menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan target audiens Anda.

4. Jadilah Konsisten

Menurut tiktok laporan pemasaran merek, merek TikTok tampil baik dengan posting di rata-rata minimal 3,52 kali setiap minggu. Jadi, jika Anda berencana untuk mulai memposting video TikTok, maka konsistensi adalah kuncinya. Semakin banyak kemampuan Anda untuk memposting video, semakin tinggi kemungkinan video tersebut menjadi viral, sehingga membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Sama seperti platform lain, ketekunan dan kerja keras membuahkan hasil dan meningkatkan tingkat keterlibatan Anda.

5. Umumkan Live Streams

Sama seperti Facebook dan Instagram, TikTok juga hadir dengan opsi live streaming untuk pengguna. Streaming Langsung adalah cara yang bagus untuk memperkuat komunitas Anda dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pengikut Anda. Melalui streaming langsung, Anda dapat terlibat dengan audiens Anda, berbagi pengetahuan, dan menjawab pertanyaan.

Sebelum streaming langsung di TikTok, pembuat konten mengumumkan bahwa mereka akan melakukan siaran langsung menggunakan pos umpan reguler. Jadi, mereka memberitahu pengikut mereka untuk membuka profil mereka untuk melihat streaming langsung. Melakukan ini membantu meningkatkan keterlibatan karena TikTok menyukai profil yang sering dikunjungi.

6. Teknik Video Pause

Trik lain untuk meningkatkan engagement adalah dengan menggunakan teknik pause video. Anda dapat menampilkan beberapa elemen teks hanya dalam beberapa milidetik, mendorong orang untuk memutar ulang atau menjeda video karena mereka tidak dapat membaca teks Anda. TikTok lebih menyukai keterlibatan video dan pemutaran ulang, dan karenanya video ini biasanya menjadi viral.

7. Gunakan Soundtrack Populer dan Trending

TikTok adalah semua tentang musik, lagu, dan soundtrack. Jika Anda ingin meningkatkan tingkat keterlibatan Anda di TikTok, pastikan untuk menggunakan soundtrack yang populer dan sedang tren yang disukai orang. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa lagu akan berubah setiap minggu tergantung pada popularitasnya. Jadi, saat Anda melihat lagu yang sedang tren, pastikan untuk membuat video menggunakan lagu tersebut. Ini membantu untuk melibatkan orang segera. Halaman "untuk Anda" dan penemuan adalah tempat Anda dapat menemukan lagu-lagu populer dan sedang tren.

8. Tombol Bagikan

Tip ampuh lainnya untuk meningkatkan keterlibatan di TikTok adalah tombol bagikan. Jadi, saat video Anda dibagikan di platform media sosial lain, TikTok memastikan Anda dihargai dengan lebih banyak keterlibatan pengguna. Karenanya, Anda juga perlu membagikan video Anda sendiri di platform lain. Jika orang-orang di platform lain mengkliknya dan membuka aplikasi TikTok karena videonya, algoritme TikTok akan mendukung akun Anda. Jadi, semakin banyak video Anda dibagikan di platform lain atau melalui pesan langsung, semakin tinggi kemungkinan konten Anda menjadi viral dan dengan demikian menjangkau audiens yang lebih luas.

9. Berinteraksi dan Terhubung dengan Audiens Anda

Di TikTok, Anda harus mencoba menumbuhkan pengikut Anda karena itu akan membantu menghasilkan keterlibatan. Anda juga dapat mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan tingkat penjualan juga. Ketika Anda berinteraksi dengan audiens Anda secara teratur, ini membantu meningkatkan pengikut dan bekerja untuk membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda.

Anda harus memastikan bahwa Anda membalas komentar karena ini akan mendorong pengikut untuk berkomentar. Cara lain untuk mendorong interaksi dengan audiens Anda adalah dengan meminta ide konten, saran, dan mendiskusikan rencana serta video mendatang dari mereka. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghargai pengikut Anda, sehingga membawa mereka lebih dekat dengan Anda.

10. Video Misterius

Ya, membuat video aneh dan misterius adalah cara yang bagus untuk melibatkan dan menggoda penonton Anda. Misalnya, Anda dapat membuat video di mana Anda mengajukan beberapa pertanyaan tetapi tidak menjawab. Hal ini membangun rasa penasaran dengan masyarakat yang menginginkan jawabannya. Untuk mendapatkan jawabannya, mereka menggulir komentar, menunggu hingga pembuat memposting video lain, atau melompat ke saluran YouTube atau akun Instagram pembuat untuk menemukan jawabannya. Video seperti ini yang memicu orang biasanya menjadi viral dan menjangkau audiens yang lebih besar.

11. Tantangan dan Tren

Setiap hari, selalu ada hal baru yang beredar di media sosial. Dengan cara yang sama, Anda menemukan tren dan tantangan baru di TikTok yang melibatkan orang. Tidak semua tren ini mungkin relevan bagi Anda, tetapi penting untuk mendapatkan ikhtisar tren dan tantangan terbaru. Berpartisipasi dalam yang sesuai dengan bisnis Anda adalah cara sempurna untuk meningkatkan keterlibatan. Tantangan hashtag adalah strategi yang sangat baik untuk mendapatkan eksposur. Anda dapat berpartisipasi dalam tantangan hashtag yang dibuat oleh orang lain atau bahkan membuat tantangan Anda sendiri.

12. Coba TikTok Duet

TikTok Duet adalah fitur populer di platform. Ini membantu Anda memperluas jangkauan dan menemukan pengikut setia. Tanpa benar-benar bertemu, Anda dapat memutuskan untuk bermitra dengan beberapa TikToker lain dan membuat video yang memberikan dampak. Fitur TikTok Duet membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan juga meningkatkan tingkat keterlibatan Anda.

13. Video Pasca-Behind-the-Scenes

Jika Anda menggunakan TikTok untuk mempromosikan merek atau bisnis Anda, video di balik layar adalah cara yang tepat. Orang senang melihat apa yang terjadi di balik layar merek atau akun yang mereka ikuti. Jadi, membuka tirai itu dan membiarkan mereka mengintip dapat mendorong pertunangan.

Misalnya, Anda dapat merekam video yang menunjukkan aktivitas sehari-hari atau hari di tempat kerja. Anda dapat merekam video karyawan Anda dan bagaimana mereka melakukan pekerjaan mereka di kantor. Ini membawa audiens Anda lebih dekat dengan merek Anda dan membantu memotivasi karyawan Anda karena mereka tahu bahwa mereka akan ditampilkan dalam sebuah video.

Algoritma semua platform media sosial tidak diketahui pembuatnya. Namun, aturan penting adalah selalu menyampaikan konten nilai yang melayani audiens.

Karena itu, Penting untuk mengetahui audiens Anda dan kemudian membuat konten yang jelas, relevan, menginspirasi, dan unik untuk menciptakan dampak dan meningkatkan keterlibatan, termasuk di TikTok. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES