Tekno

Silakan Pilih, Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia

Selasa, 07 Desember 2021 - 12:24 | 1.89m
Ilustrasi. Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia (FOTO: NextPit)
Ilustrasi. Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia (FOTO: NextPit)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyusun kalimat dengan baik dan benar diperlukan, baik urusan surat menyurat resmi maupun tulis menulis laporan. Kecanggihan teknologi membantu masyarakat untuk dapat menyusun kalimat dengan baik dan benar.  Kini terdapat aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia yang dapat membantu memperbaiki ejaan yang salah.

Anda yang melakukan kesalahan dalam mengetik tulisan, dengan bantuan aplikasi tersebut, secara otomatis akan langsung terdeteksi kesalahannya. 

Ragam Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia

Mengecek kesalahan ketik, juga ejaan dan tata bahasa merupakan hal penting untuk Anda lakukan. Jika Anda sudah tahu bagaimana cara mengeceknya, akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Kenapa bisa hemat? Anda tidak perlu mengecek ulang maupun membaca satu per satu kalimat untuk menemukan kesalahannya. Terlebih jika teks yang Anda buat sangat panjang dan banyak, tentu akan memakan waktu lebih banyak.

Kehadiran aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia tentu membantu Anda untuk memperbaiki kesalahan. Dengan menggunakan aplikasi yang tersedia, memudahkan Anda dalam mencari kesalahan ejaan secara cepat.

Berikut ini beberapa aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia yang tersedia, dan bisa Anda gunakan.

Typoonline
Typoonline merupakan aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia yang berwujud situs atau website dan aplikasi. Aplikasi ini membantu Anda untuk mengecek kesalahan ketik atau typo, ejaan, maupun tata bahasa.

Selain itu, kata maupun kalimat yang salah ketik akan otomatis berwarna merah. Sementara itu jika salah tata bahasa atau salah ejaan akan berwarna biru. Sehingga sifatnya adalah opsional untuk menggantinya sesuai dengan kaidah atau keinginan Anda.

Google Docs
Selanjutnya, aplikasi untuk koreksi kalimat bahasa Indonesia lainnya adalah Google Docs. Aplikasi ini tidak asing bagi pengguna aktif Google.

Google Docs juga tersedia dalam dua bentuk, website dan aplikasi. Untuk aplikasi, bisa dengan mudah Anda unduh melalui layanan Google Play Store.

Google Docs sebagai aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia  memang berasal dari Google. Untuk bisa mengaksesnya, Anda harus masuk atau login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Google. 

Ejaan.id
Aplikasi pengecekan ejaan bahasa Indonesia berikutnya adalah 
Ejaan.id. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Meski menggunakan nama ejaan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek typo online dan bahasa.

Anda dapat menggunakan untuk versi web untuk aplikasi Ejaan.id. Artinya, Anda tidak perlu menginstalnya tetapi langsung mengakses lewat situsnya.

Anda juga bisa menginstal aplikasinya. Ejaan.id bisa diunduh secara bebas atau gratis. Penggunaan aplikasi ini bisa menjadi solusi dalam melakukan koreksi kalimat bahasa Indonesia.

KBBI
Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kepanjangan dari KBBI. Tentu nama ini akrab karena dulu identik dengan buku tebal yang berisi kumpulan kata dan artinya. Namun kini sudah ada dalam bentuk perangkat lunak atau aplikasi KBBI.

Aplikasi KBBI bisa digunakan untuk mengecek kata baku atau ejaan bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga mudah digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia
Cara untuk mengecek ejaan, tata bahasa, dan typo online pada semua website maupun aplikasi pada umumnya sama. Saat menggunakan Typoonline, Ejaan.id, dan KBBI, Anda tinggal menempelkan atau mengetikkan teks yang akan dicek.

Selanjutnya, aplikasi tersebut akan memberitahukan mana yang perlu diperbaiki. Jika Anda sudah mengecek secara keseluruhan, silakan langsung menyalin untuk dipindah ke dokumen baru.

Demikian beberapa aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia yang dapat anda gunakan. Keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut memudahkan untuk melihat kesalahan dan bisa segera memperbaikinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES