Tekno

Aplikasi Atourin Permudah Mencari Informasi Wisata

Rabu, 19 Januari 2022 - 10:22 | 209.67k
PLT Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mencoba layanan VR Atourin. (FOTO: Atourin/TIMES Indonesia)
PLT Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mencoba layanan VR Atourin. (FOTO: Atourin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Potensi wisata di Indonesia saat ini sangat menjajikan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, kurangnya publikasi dan informasi mengenai sebuah tempat wisata di Indonesia menyebabkan masih sedikit wisatawan domestik dan mancanegara yang mengetahui informasi tempat wisata yang bagus, menarik, dan mudah dikunjungi.

Hal tersebut membuat CO-Founder dan CEO (Chief Executive Officer) Atourin, Benarivo, Triadi Putra mulai merintis aplikasi one-stop-solution platform yang dapat mempermudah wisatawan mencari informasi wisata dan mendapatkan referensi rencana perjalanan yang mudah dan cepat.

Atourin memiliki beberapa layanan, seperti Trip Planner, Informasi Objek Wisata, Open atau Private Trip, Custom Trip, Trip Consultant, Jasa Tour Guide, Social Media Management, Virtual Traveling, Pelatihan Online, dan Digitalisasi Desa Wisata di Indonesia. Dari beberapa layanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan teknologi pariwisata.

Andi-Sudirman-Sulaiman-2.jpg

“Layanan-layanan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas teknologi pada sektor pariwisata Indonesia,” tutur Rivo.

Aplikasi ini hadir dengan inovasi teknologi berupa wisata virtual (virtual traveling) sebagai salah satu cara untuk mendukung para pelaku pariwisata agar tetap memiliki aktivitas dan mata pencaharian.

Metode ini juga dapat memperkenalkan destinasi wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara secara virtual. 

Selain itu, Atourin juga memberikan jasa pelatihan dan pendampingan terkait pengembangan skill di bidang pariwisata secara online maupun offline kepada pelaku usaha pariwisata lokal di seluruh Indonesia.

“Inisiasi Atourin tersebut mendapat respon baik karena telah memberikan manfaat serta dampak positif kepada pelaku pariwisata agar dapat bertahan di kala pandemi,” tambah Rivo.

Dengan adanya aplikasi tersebut, lebih dari 350 wisata virtual telah dilakukan oleh Atourin yang juga berkolaborasi dengan pelaku usaha pariwisata lokal di seluruh Indonesia. Serta lebih dari 3000 wisatawan dapat menikmati keindahan destinasi wisata secara virtual dengan mudah.

Sebagai salah satu aplikasi dalam sektor pariwisata, Atourin juga mengembangkan layanan wisata virtualnya dengan menggunakan teknologi virtual reality (VR) 360 derajat melalui VR Box atau VR Cardboard. Dengan adanya layanan tersebut, dapat mempermudah wisatawan untuk melakukan pencarian informasi wisata dari rumah dan merasakan seolah-olah berada langsung di lokasi.wisata virtual

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES