Tekno

6 Manfaat Menggunakan Aplikasi Akuntansi bagi UKM

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:34 | 125.41k
Ilustrasi. (Foto: amz)
Ilustrasi. (Foto: amz)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebelum membahas tentang 6 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi bagi UKM, kami ingin bertanya bagaimana cara Anda mengelola bisnis selama ini.

Biasanya, Anda menggunakan apa untuk mencatat keuangan usaha? Mencatatnya secara manual di buku tulis atau merekapnya di Ms. Excel?

Wah, kalau masih mencatatnya di buku tulis, hati-hati ya! Bisa-bisa buku tulisnya rusak atau bahkan tiba-tiba hilang. Resikonya bahaya sekali! Bisa-bisa Anda kehilangan data penjualan dan kesulitan menganalisis perkembangan usaha Anda.

Tapi, kalau pakai Ms. Excel juga bukan solusi jitu. Cara penggunaannya lumayan susah, banyak rumus-rumus yang cukup rumit, dan tentunya susah dihafal bagi orang awam. Dan yang lebih tidak efektif lagi adalah: laporannya tidak bisa diakses secara real time karena perubahan data harus dilakukan secara manual. Terus, pakai cara apa dong? Nah, kami punya solusi cerdas untuk usaha Anda!

Jaman sekarang semuanya serba dimudahkan lho! Termasuk dalam membuat laporan keuangan usaha, baik skala kecil menengah (UKM) maupun yang telah berskala besar seperti korporat.

Semuanya bisa terkomputerisasi lebih mudah dengan aplikasi akuntansi yang ramah pengguna. Tidak seperti Excel, aplikasi akuntansi ini LEBIH mudah digunakan (user friendly). Karena Anda tidak perlu menghafal rumus-rumus yang rumit seperti di Microsoft Excel.

Hebatnya lagi, aplikasi akuntansi jaman sekarang bisa diakses secara online karena datanya disimpan di Cloud Server. Jadi, kapanpun dan dimanapun Anda berada, Anda tetap bisa memantau keuangan usaha Anda. Wah, semakin menguntungkan para pelaku UKM kan?

Jika Anda masih ragu, baca artikel ini hingga selesai. Kami akan paparkan 6 Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi Akuntansi. Siap-siap! Poin nomor 5 bikin usaha Anda semakin berkembang pesat lho!

1. Menghemat Waktu

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang pertama, segala pencatatan transaksi bisnis UKM Anda akan diproses secara cepat dan tepat. Mulai dari input transaksi, melacak faktur, hingga pembuatan laporan arus kas, laba-rugi, dll, bisa dilakukan secara otomatis.

Bahkan, fitur aplikasi akuntansi saat ini sangatlah canggih. Aplikasi ini juga mampu merevisi kesalahan pencatatan yang dilakukan admin. Segala pembayaran hutang piutang pun bisa diselesaikan secara cepat lewat transaksi antar bank online yang telah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi Anda.

Tentunya, dengan semua kemudahan ini Anda bisa menghemat lebih banyak waktu. Sehingga, Anda bisa menggunakan lebih banyak waktu untuk memikirkan strategi mengembangkan bisnis Anda agar lebih maju dan berkembang lagi.

Jadi, sudah mau coba aplikasi akuntansi? Klik disini untuk mempelajari aplikasi akuntansi yang kami rekomendasikan untuk Anda.

2. Anti Stress dengan Tampilan Sederhana dan Mudah Digunakan

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang kedua, Anda jadi terhindar dari stress karena tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan.

Jangan membayangkan aplikasi akuntansi itu ribet. Karena tampilan aplikasi akuntansi saat ini sangatlah sederhana dan mudah digunakan. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi dalam mengatur form faktur, input transaksi penjualan, dll.

Dengan tampilan sederhana dan serba memudahkan ini, Anda juga akan terhindar dari stress saat merekap penjualan atau membuat laporan keuangan per bulan.

Beda halnya ketika Anda masih mencatat keuangan usaha Anda secara manual atau melalui Microsoft Excel. Anda seringkali pusing dan kebingungan karena harus menghitung semuanya secara manual.

Belum lagi, kalau harus menggunakan rumus-rumus Excel yang terlalu banyak dan menyulitkan. Jadi, lebih baik menguntungkan pakai aplikasi akuntansi kan?

3. Memudahkan Anda dalam Mengelola Biaya-Biaya

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang ketiga adalah memudahkan Anda dalam mengelola biaya-biaya. Karena aplikasi akuntansi terbaru juga menawarkan fitur pengelolaan berbagai jenis biaya yang dibebankan kepada UKM Anda lho! Wah, semakin canggih saja ya?

Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur kategori biaya-biaya harian, mingguan/ bulanan yang perlu Anda bayarkan secara rutin. Sehingga, Anda tidak akan lupa kapan waktunya untuk membayar masing-masing tagihan biaya tersebut.

Tentu dengan adanya fitur ini akan sangat memudahkan Anda dalam melacak dan mengetahui berapa persentase biaya yang Anda butuhkan setiap bulannya. Bahkan, Anda juga bisa menyimpan bukti pembayaran dari setiap transaksi yang telah Anda bayarkan. Benar-benar memudahkan pekerjaan Anda kan?

4. Pembuatan Laporan Keuangan Secara Otomatis

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang keempat, pembuatan laporan keuangan jadi otomatis.

Namanya juga aplikasi akuntansi. Semuanya dikerjakan serba otomatis dan tanpa manual lagi. Termasuk dalam membuat laporan akuntansi. Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam membuat laporan keuangan secara manual.

Semua yang dulunya masih Anda lakukan secara manual, kini tergantikan dengan sistem modern yang praktis dan otomatis. Jika dulu Anda masih mencatat transaksi penjualan secara manual di kertas/ Ms.

Excel, lalu menghitung hasil penjualan secara manual dengan bantuan kalkulator, kini tidak perlu lagi.
Karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis oleh aplikasi akuntansi, termasuk dalam membuat laporan akuntansi yang detail dan lengkap. Mulai dari laporan neraca, laba rugi, arus kas, perubahan modal, dll.

Ingat: semua laporan tersebut bisa Anda dapatkan secara otomatis! Jadi, Anda tidak perlu susah payah hitung manual, apalagi sampai begadang cuma buat laporan bulanan. Langsung gunakan aplikasi akuntansi saja!

5. Manajemen Stok Persediaan

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang kelima, manajemen stok barang jadi lebih mudah.

Jaman sekarang masih sering bolak balik ke gudang untuk cek persediaan barang? Wah, ini tuh yang bikin manajemen usaha Anda tidak efektif. Padahal, kalau Anda menggunakan aplikasi akuntansi terbaru, Anda bisa cek stok barang secara real time hanya melalui aplikasi. Hebat kan?

Dengan aplikasi akuntansi, semua persediaan barang bisa tercatat secara detail dan rapi. Datanya juga akan selalu ter-update secara otomatis setiap Anda melakukan transaksi penjualan.

Bahkan, Anda bisa mengecek jenis produk apa yang paling laris dari usaha Anda dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Wah, kalau tahu produk mana yang paling laris pasti memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha nih! Anda pasti akan meningkatkan stok produk terlaris tersebut, sehingga tingkat penjualannya semakin tinggi.

6. Terintegrasi Aplikasi Kasir

Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi yang keenam, aplikasi akuntansi sekarang telah terintegrasi dengan aplikasi kasir.

Nah, ini yang paling terbaru nih! Kebanyakan aplikasi akuntansi sekarang ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi kasir/ Point of Sales (POS) ternama. Jadi, data penjualan Anda di aplikasi kasir bisa langsung diproses menjadi laporan keuangan secara real time oleh aplikasi akuntansi.

Dengan adanya integrasi ini, Anda tidak perlu kerja 2x untuk rekap penjualan dan menghasilkan laporan penjualan. Karena data transaksi Anda di aplikasi kasir bisa langsung ditransfer ke aplikasi akuntansi, lalu diproses secara otomatis menjadi laporan akuntansi yang lengkap dan detail. Mulai dari laporan omzet, laba-rugi, arus kas, dll

Oh ya, mungkin Anda bertanya-tanya, aplikasi kasir apa yang sudah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi terbaik? Kami punya salah satu rekomendasi untuk Anda, yaitu aplikasi Jurnal.

Aplikasi kasir Jurnal bisa Anda download secara GRATIS di Google Play, dan bisa Anda gunakan setiap hari secara GRATIS (Biaya berlangganan hanya berlaku jika Anda mengaktifkan fitur tambahan.

Meskipun begitu, biaya langganan untuk fitur tambahannya pun sangat terjangkau, mulai 9 ribuan saja per bulan)

Tidak hanya itu saja, aplikasi kasir Jurnal juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi lainnya dari Mekari. Sehingga, Anda bisa dapatkan banyak kemudahan yang menguntungkan usaha Anda.

Nah, bagaimana dengan 6 keuntungan di atas? Anda ingin mendapatkan Semua keuntungan tersebut? Jika Anda ingin mengelola usaha secara mudah, praktis, dan otomatis, segera download GRATIS aplikasi kasir Jurnal di Google Play. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES